oleh

Kapolda Riau Lepas Secara Tradisi 62 Personel Yang Masuk Purna Bhakti

Infoinhil.com – PEKANBARU – Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal melepas personel yang telah memasuki masa pensiun dari dinas Kepolisian, pada Senin (8/8/2022).

Pelepasan ditandai dengan upacara tradisi pedang pora yang digelar di aula Tribrata Mapolda. Kapolda Riau didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Nyonya Nindya Iqbal dan ketua Purnawirawan Polri Polda Riau Kombes Pol (Purn) Drs. H. Fachruddin Bakar menyerahkan bingkisan kepada perwakilan pensiun.

Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal dalam sambutannya mengatakan terkait dengan pengakhiran dinas atau yang lebih dikenal dengan istilah pensiun,pihaknya menaruh perhatian khusus, sebab merupakan sebuah penghormatan bagi setiap personel Polri yang telah menuntaskan masa bhaktinya pada institusi Kepolisian.

“Purna Bhakti pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota Polri dan ASN yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujar Iqbal.

Selain itu, purna bhakti menurut Iqbal juga dimaksudkan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

“Perkembangan Polri tidak terlepas dari peran serta masyarakat termasuk didalamnya dari sumbangsih dan darma bhakti para purnawirawan Polri baik sejak aktif hingga sekarang, dimana hal ini terbukti dengan sesanti (wejangan) Persatuan Purnawirawan Polri yang menyatakan bahwa, sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara dan senantiasa tetap patuh dan setia kepada Tri Brata dan Catur Prasetya.

Iqbal berharap para anggota yang sudah purna tugas tetap berperan melakukan pengawasan terhadap personel Polri yang tersebar dilingkungan masyarakat.

“Saya berharap para senior tetap mengawasi kami, sebagai  kontrol  bilamana terjadi penyimpangan atau penyelewengan dalam pelaksanaan tugas untuk jangan sungkan memberikan masukan ataupun informasi, hal ini untuk perbaikan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harapnya.

Kabid Humas Polda Riua Kombes Sunarto mengurai, personel Polda Riau yang pensiun pada bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2022 sebanyak 62 (enam puluh dua) personel.

“Perwira menengah 33 orang, Perwira Pertama 14 orang, Bintara 2 orang dan ASN Polri sebanyak personel 13 orang. Kegiatan wisuda purna bhakti kita selenggarakan sebagai wujud apresiasi dan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada personel Polri yang memasuki masa pensiun, atas pengabdian selama berdinas aktif hingga masa purna,” urai Kombes Narto.

loading...

Komentar