Berita

Kodim 0314/Inhil Laksanakan Upacara Peringatan Hari Juang Kartika ke – 77 TNI AD

×

Kodim 0314/Inhil Laksanakan Upacara Peringatan Hari Juang Kartika ke – 77 TNI AD

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Tembilahan, Kodim 0314/Inhil melaksanakan upacara peringatan Hari Juang Kartika ke – 77 TNI AD tahun 2022 di lapangan upacara Makodim 0314/Inhil, kamis (15/12/2022) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr(Han)yang di wakili oleh Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Inf Tarmizi, sebagai komandan upacara Letda inf Agusturahim dan bertindak sebagai komandan Perwira upacara Letda Arm Muchazzar serta Pengucap Sapta Marga Serda M.Tahir.

Dalam amanatnya Kapten Inf Tarmizi menyampaikan kutipan dari alm Jendral Sudirman untuk memberikan semangat dan jiwa korsa kepada prajurit Kodim 0314/Inhil.

“robek-robek lah badanku, potong-potong lah Jasad ku ini tetapi jiwaku yang dilindungi banteng merah putih akan tetap hidup tetap menuntut bela siapapun lawan yang kuhadapi” ucapnya.

Selanjutnya Kapten Inf Tarmizi membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat(KSAD) Letjen Dudung Abdurachman, mengucapkan selamat hari juang TNI AD tahun 2022 kepada segenap prajurit dan pegawai negeri sipil TNI AD beserta keluarga di manapun bertugas.

Dikatakannya, peringatan hari juang TNI AD kali ini selenggarakan secara sederhana di tengah-tengah suasana keprihatinan dan empati yang mendalam kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di berbagai daerah.

“Selamat hari juang TNI AD tahun 2022 kepada segenap prajurit dan pegawai negeri sipil TNI AD, Peringatan hari juang TNI angkatan darat ke-77 tahun ini kita isi dengan doa bersama dan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk saudara kita yang terkena bencana alam,”Katanya.

Dengan tema “TNI angkatan darat di hati rakyat” yang mempresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa menunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan negara kesatuan republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

Selain itu sebagai pengingat bahwa ibu kandung prajurit TNI AD adalah rakyat,sedangkan nafas dan ruhnya adalah pengabdian kepada rakyat bangsa dan negara.

Memasuki tahun politik menjelang diselenggarakannya pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun 2024 dan belajar dari pengalaman sebelumnya situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran.

“Oleh karena itu ditingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing melalui prajurit sebagai insan intelijen aplikasikan deteksi dan pencegahan dini serta tidak ragu-ragu untuk bertindak dalam koridor aturan yang berlaku,” ujar kapten Inf Tarmizi saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.