BeritaGaleri

UPT Puskesmas Kuala Enok Gelar Pembinaan KRR dan Peer Conselor Bagi Remaja

×

UPT Puskesmas Kuala Enok Gelar Pembinaan KRR dan Peer Conselor Bagi Remaja

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – UPT Puskesmas Kuala Enok menggelar pembinaan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dan Peer Conselor (Bimbingan Teman Sebaya) bagi anak remaja di Tingkat SLTP dan SLTA se-kecamatan Enok kabupaten Inhil, Selasa (15/11/2022).

Menurut Kepala Puskesmas Kuala Enok melalui Ketua TU Fatmawati, Amd mengatakan, kegiatan pembinaan KRR dan Peer Conselor ini dapat membantu pihak sekolah serta tenaga kesehatan Puskesmas Kuala Enok menjaring siswa-siswi yang masalah dapat menghambat proses belajar, sehingga masalah cepat diketahui oleh guru dan bisa diselesaikan sebelum permasalahan menempuh jalan buntu.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja dan diharapkan bisa menjadi Peer Conselor untuk teman sebayanya yang dimana para remaja sering menutup diri kepada orag tua dan gurunya,” ujarnya.

“Para Peer Conselor ini di bimbing dan dibina untuk selanjutnya dapat mendampingi teman sebaya yang menghadapi masalah agar bisa meminimalisir dampak dari masalah tersebut,” ungkap Fatmawati.

Para peserta Peer Conselor ini diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung bagaimana cara menjadi Peer Conselor yang baik dan benar dengan sesama siswa – siswi yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Hal ini dilakukan agar para Peer Conselor ini semakin memahami tentang materi konseling yang telah diberikan dan menambah kesiapan untuk terjun kelapangan nantinya,” nantinya.

“Kehadiran Peer Konselor tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran dan fungsi konselor ahli. Ketika konseli (teman yang butuh bantuan) membutuhkan dukungan yang tidak dapat dipenuhi melalui konseling teman sebaya, dapat dialih tangankan kepada konselor ahli, lembaga, atau organisasi yang lebih tepat,” terangnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Duta Stunting kecamatan Tanah Merah bertujuan mengajak siswa – siswi agar dapat mencegah Stunting sejak remaja dan berkomitmen katakan tidak pada pernikahan dini serta memotivasi siswa – siswi untuk dapat menjadi konselor yang baik bagi teman sebayanya.

Dalam kesempatan ini juga Duta Stunting membacakan komitmen katakan tidak pada pernikahan dini bertujuan untuk menurunkan angka pernikahan dini di kecamatan tanah merah yang diikuti dan ditanda tangani oleh siswa – siswi.

Dalam kegiatan ini, para Peer Conselor ini diberikan materi tentang Anemia dan Tablet Tambah Darah (TTD) yang disampaikan oleh Ikrima Ferjeni, AMd Gz, materi tentang kenakalan remaja, pergaulan bebas dan pernikahan dini oleh dr. Erniyati serta penyampaian materi tentang Peer Conselor yang disampaikan oleh Nursiah Sitompul, Amd Keb.

Kegiatan ini diikuti perwakilan dari siswa – siswi SLTP dan SLTA serta duta stunting kecamatan Tanah Merah. Adapun sekolah yang mengikuti kegiatan ini antara lain MAN 2 Inhil (12 orang), SMP 3 Tanah Merah (12 orang), MTS YI Kuala Enok (12 orang), SMP 1 Atap Tanjung Pasir (8 orang), SMP 1 Atap Sungai Laut (4 orang), dan SMP 5 Tanah Merah (4 orang).