Kodim 0314/Inhil Gelar Kegiatan Komsos, Mengusung Tema “Generasi Muda Sebagai Wirausaha Milenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan”

Infoinhil.com – Tembilahan, Kodim 0314/Inhil menggelar Kegiatan Komunikasi Sosial (komsos) dengan komponen masyarakat di wilayah kodim 0314/Inhil di aula Graha Bhakti Makodim jalan A.Yani parit 9 Tembilahan, Selasa (08/11/22) pagi.

Dengan mengusung tema “ Generasi Muda Sebagai Wirausaha Milenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan”
Kesadaran Berbangsa bernegara dalam rangka membantu kesulitan rakyat serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M. Tr.(Han) mengatakan Selaku komandan kodim 0314/Inhil dan pribadi, mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaannya untuk hadir di makodim 0314/Inhil yang sama-sama kita banggakan ini.

“Sebagai bagian dari komponen masyarakat, Saya sungguh berharap agar kebersamaan dan suasana kekeluargaan serta semangat persatuan dan kesatuan diantara kita dapat terus dipelihara dan ditingkatkan di masa yang akan datang,” ucap Dandim Letkol Arh Nahruddin Roshid.

Lebih lanjut dikatakannya untuk diketahui bersama, bahwa bangsa Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang akan terus menghadapi berbagai persoalan dan tantangan yang terkadang dapat mengancam keutuhan dan kedaulatan negara.

Salah satu contohnya yaitu ancaman radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa seperti yang telah terjadi di berbagai negara.

“Oleh karena itu, untuk menghadapi fenomena tersebut, diharapkan kita terus menjadi Pioneer dan motivator bagi komponen bangsa lainnya untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara,” tandasnya.

Menurut Dandim salah satu upaya tersebut, diantaranya yaitu pelaksanaan kegiatan komsos yang dilaksanakan saat ini, yang bertujuan untuk mewujudkan hubungan yang lebih harmonis serta meningkatkan solidaritas dan soliditas antara TNI AD dan segenap komponen masyarakat.

“Untuk itu, pada momentum silaturahmi yang membahagiakan ini saya mengajak kepada kita semua, untuk senantiasa menjadi contoh dan teladan bagi komponen masyarakat lainnya, khususnya dalam menjaga Pancasila dan NKRI,” imbuhnya.

“Kita semua berharap, dengan terus memegang teguh Pancasila, bangsa kita akan dapat melalui segala persoalan kebangsaan yang ada, serta dapat mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional yaitu bangsa Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” sambung Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid.

Sementara itu Danramil 09/Kemuning Kapten Inf Anwarsyah siregar sebagai pengisi Materi wawasan kebangsaan, menyampaikan wilayah Indonesia sangat luas suku bangsa lebih dari 17.000 pulau. “Tapi kita bisa diikat dengan persatuan dan kesatuan karena kita ini ada beberapa yang bisa membuat kita bersatu oleh karena itu pada hari ini kita saling mengingatkan agar tidak terjadi keributan sesama anak bangsa saling menyalahkan saling membunuh,” bebernya.

Keberagaman adalah suatu kondisi pada kehidupan masyarakat perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa ras agama budaya dan gender. Wawasan kebangsaan merupakan upaya untuk membangun karakter bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme patriotisme dan ketahanan nasional yang tangguh.

Ia menambahkan Wasbang penting karena kondisi saat ini sudah berubah sehinggga nilai kebangsaan dianggap luntur karena pengaruh perkembangan teknologi, perkembangan ekonomi, budaya dewasa ini sudah terpengaruh oleh budaya asing dan terjadi perang moderen yang menghancurkan wawasan kebangsaaan.

“Tidak hanya TNI yang bertanggung jawab atas keselamatan bangsa , akan tetapi juga semua rakyat juga bertanggung jawab atas keselamatan bangsa dan negara. Dengan memantau keamanan dan peduli lingkungan sekitar kita sudah ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan bangsa dan negara,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pasi OPS kodim 0314/Inhil, Pasi Pers Kodim 0314/Inhil, Kadis DPTPHP kab.Inhil, Kasatpol PP kab Inhil, Kapolsek Tembilahan Hulu, Kapolsek Tembilahan kota, Lurah Tembilahan Hulu, Lurah Tembilahan kota, Lurah Tembilahan Barat, Linmas, Ketua PC.PPM, Ketua PC.FKPPI, ketua Ormas, Ketua Paguyuban, Mahasiswa dan Pramuka.

loading...

Komentar