Penampilan budaya multi etnis dan suku Guna Merajut Silaturahmi serta Pererat Masyarakat dengam Baik

Infoinhil.com – Tembilahan, Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke -77 TNI, Kodim 0314/Inhil menggelar pesta ragam budaya Busantara dengan melibatkan seluruh etnis dan suku yang ada di Kabupaten Inhil.

Pelaksanaan pesta ragam budaya akan berlangsung selama 10 hari yang dibuka dengan pawai pesta ragam budaya pada Rabu (5/9) dan terus berlangsung hingga Sabtu (15/9) mendatang.

  Dandim 0314/Inhil, Letkol (Arh) M.Nahruddin Roshid mengatakan, pesta ragam budaya bertujuan merajut silaturahmi dan mempererat masyarakat dari lintas suku dan kebhinekaan dengan baik.

  “Melalui kegiatan ini kita bisa bersama sama melihat secara langsung bahwa banyak keberagaman seni budaya yang kita miliki dan perlu untuk di jaga kelestariannya,” ujarnya.

Pelaksanaan pesta ragam budaya sempena HUT ke-77 TNI ditandai dengan pawai ragam budaya yang menampilkan pakaian adat dan kesenian budaya dari berbagai macam suku dan etnis yang ada di Tembilahan. 

  Pesta ragam budaya juga diisi dengan bazar kuliner dan UMKM serta stan-stan rumah adat dari berbagai suku dan etnis yang ada di Inhil.

  Berbagai jenis makanan khas daerah serta adat dan tradisi ditampilkan di masing-masing stan dari berbagai suku. 

  Selain ragam menu hidangan khas daerah, masyarakat Kabupaten Inhil yang hadir pun disuguhi oleh penampilan seni dan budaya berupa musik, tari, puisi serta atraksi teatrikal dari berbagai etnis dan suku yang ada di Inhil.

  Bupati Inhil Muhammad Wardan mengatakan, selain menyemarakkan peringatan HUT ke-77 TNI, kehadiran bazar kuliner dan UMKM menjadi sarana meningkatkan kembali gairah perekonomian di Inhil. 

  Inhil yang dikenal akan kaya adat nusantara, dengan adanya pesta ragam budaya diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terutama generasi mudah terhadap adat dan budaya yang ada di Inhil.

  “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir saya mendukung kegiatan pawai pesta ragam budaya yang digelar oleh Kodim 0314/Inhil,” ujar Bupati.*

loading...

Komentar