oleh

Meriahkan HUT Pramuka ke-61, Kodim 0314/Inhil Gelar Perlombaan Pionir dan karikatur

Infoinhil.com – Tembilahan, Dalam Rangka memeriahkan HUT Pramuka ke-61 Kodim 0314/Inhil Menyelenggarakan perlombaan Pionir dan karikatur khusus untuk Siswa-siswi yang tergabung dalam organisasi kepramukaan di Aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil, Minggu (18/09/2022) pagi.

Kegiatan tersebut di buka dan di tutup langsung oleh Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid yang diwakili oleh Pasi Ter kodim 0314/Inhil Lettu lnf Rejekinta Ginting dan di hadiri oleh para juri yang merupakan Pembina Pramuka beserta adik-adik pramuka dari berbagai sekolah dan Pramuka Saka Wira Kartika.

Dalam sambutanya Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr.(Han) melalui Pasi Ter Lettu inf Rejekinta Ginting menyampaikan bahwa sebenarnya hari jadi Pramuka adalah tanggal 14 Agustus kemarin, disebabkan kegiatan-kegiatan yang cukup padat pada bulan Agustus kemarin maka baru bisa laksanakan pada hari ini.

“Sengaja kami laksanakan perlombaan pada hari Minggu karena mengingat adik-adik semua banyak yang masih sekolah, sehingga di khawatirkan kalau kita laksanakan pada hari hari biasa, dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar,” kata Pasi Ter.

Pasi Ter juga menjelaskan bahwa Pembentukan Pramuka pertama kali nya adalah di Inggris oleh Robert Baden Powell kemudian berkembang dan menyebar ke Belanda hingga akhirnya masuk ke Indonesia.

Gerakan kepanduan di Hindia Belanda didirikan pada tahun 1912 di Jakarta,dan di resmikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 14 Agustus 1961,dengan ketua kwartir yang pertama di Pramuka adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan lambang tunas kelapa yang menggambarkan cikal bakal pohon kelapa yang kuat dan bisa tumbuh berkembang di mana saja serta serba guna.

Begitu pun dengan Pramuka yang di isi oleh anak-anak muda sebagai generasi bangsa di mulai dari SD,SMP dan SLTA yang merupakan generasi penerus Bangsa yang serba guna.

“Jadi jangan merasa berkecil hati, karena pramuka itu merupakan suatu organisasi yang besar, organisasi hebat dan kegunaannya banyak sekali, karena di dalam organisasi Pramuka kita di ajarkan disiplin,ulet,terampil dan saling tolong menolong. Bahkan Pramuka sejak awal didirikan atau diresmikan hingga saat ini, Pramuka selalu ikut andil dalam setiap kegiatan kemanusiaan seperti contoh membantu mengatasi bencana alam, mengatur lalu Lintas,dan lain sebagainya,” ungkap Pasi Ter Lettu lnf Rejekinta Ginting.

Dia berharap kegiatan hari ini dapat di laksanakan dengan gembira dan sportivitas. “Kalah dan menang itu sudah biasa yang penting kita sudah siap dan melaksanakannya dengan bersungguh-sungguh,” pungkasnya.

Untuk diketahui Kegiatan lomba ini di ikuti oleh SMKN 1 Tembilahan, SMKN 1 Tembilahan Hulu, SMK Farmasi, MA Sabilal Muhtadin, Serta anggota Pramuka Saka Wira Kartika.

loading...

Komentar