oleh

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid Jalin Silaturahmi dengan Kadis Perkebunan dan TPHPKP

Infoinhil.com – Inhil, Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid, S.E,M.Tr(Han) jalin silaturahmi dengan Kadis Perkebunan dan Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan ketahanan Pangan (TPHPKP) Inhil bertempat di koplek Kantor bupati jalan Akasia Tembilahan, Kamis (04/08/2022) pagi.

Kunjungan silaturahmi Dandim Didampingi Pasi Teritorial Lettu Rejekinta Ginting, dan diterima Kadis Dinas perkebunan kab. Inhil Drs. H. Sirajuddin, MM,Kadis TPHPKP bapak Pajar Husein dan bapak Surya Syurgana.

Dengan akan dilaksanakan program Optimasi lahan di desa Sibatu dan Pasirmas untuk meningkatkan lahan ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Inhil dan menjadikan Desa Sibatu dan Pasir mas lumbung padi Kodim 0314/Inhil akan melaksanakan Program Opla (optimasi lahan)

Dalam kesempatan ini Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han) mengatakan untuk menjalin kerjasama dengan Dinas Perkebunan juga dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan ketahanan Pangan (TPHPKP), agar program Opla yang akan dilaksanakan bisa berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat nantinya.

“Adapun tujuan opla ini untuk membantu petani agar hasil Panen yang selama ini hanya IP 100 bisa menjadi IP 200 sehingga petani yang dulunya hanya 1 kali dalam setahun Panen bisa menjadi 2 kali panen dalam satu Tahun,” ujar Dandim.

Program Opla yang akan dilaksanakan untuk kelompok kelompok tani yaitu Penggalian Parit agar di lahan pertanian dan pembuatan tanggul, jembatan serta pintu klep air agar pada waktu air pasang lahan pertanian tetap terjaga dan untuk luas lahan yang akan diprogramkan dalam kegiatan Opla 730 Ha yang ada di desa Sibatu dan Pasirmas Kecamatan Batang Tuaku.

“Kami berharap dengan adanya program Opla ini dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan ketahanan Pangan (TPHPKP) dapat mendukung dan berkordinasi untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomin masyarakat terhusus Desa Kuala Sebatu dan Pasirmas,” tandasnya.

Sementara Kadis Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan ketahanan Pangan (TPHPKP), Fajar Husain menyampaikan upaya yang dilaksanakan kodim 0314/Inhil Opla di lahan Gambut ini merupakan Program dari Pusat bekerja sama dengan Kementrian Pertanian dan TNI dalam optimasi Lahan (Opla) di Kabupaten Inhil.

Dalam hal ini untuk mensukseskan opla ini Perlu kerjasama dengan pihak pihak terkait dan dukungan dari kelompok Tani dan Masyarakat Oleh sebab itu dinas (TPHPKP) juga berkordinasi dengan intansi Terkait dalam hal ini Dinas Perkebunan yang memiliki alat untuk normalisasi Pembuatan Parit Sekunder.

“Jadi nanti kita koordinasikan juga dengan dinas perkebunan, karna tampa alat berat ini normalisasi di lahan pertanian dengan waktu yang ditentukan di bulan Desember harus selesai,” jelasnya.

Fajar berharap kerja sama di semua pihak dapat terjalin baik dinas terkait kelompok Tani dan Masyarakat sehingga pelaksanaan Opla di dua Desa kec Batang Tuaka ini dapat dirasakan masyarakat terhusus petani petani.

“Mudah-mudahan kegiatan kita bersama TNI-AD kodim 0314/Inhil dan Dinas pertanian dalam pelaksanaan Opla nantinya dapat terlaksana dengan baik dan apa yang kita laksanakan ini bisa dirasakan oleh masyarakat setempat,” tutupnya

loading...

Komentar