oleh

Melalui Program TNl Manunggal, Pembuatan Sumur Bor di Desa Sungai Dusun Hampir Selesai

Infoinhil.com – Tembilahan, Terlihat senyum sumringah dari wajah warga karena sebenar lagi akan menikmati air bersih yang selama ini telah dinannti-nanti.

Air bersih tersebut berasal dari program TNl Manunggal Air Bersih yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Kodim 0314/lnhil yang berkolaborasi dengan Lions Club Tembilahan, Star Light Mulia Distrik 307. A.2 dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Inhil.

Pembuatan sumur bor ini dilaksanakan di RT 03, RW 01, Dusun 1, Desa Sungai Dusun Kecamatan Batang Tuaka, Negeri Hamparan Kelapa Dunia.

“Alhamdulillah, sebentar lagi kami punya air bersih. Kami sudah tidak susah payah lagi untuk memperoleh air bersih,” sebut warga Sarifudin (30).

Ia mengatakan selama ini untuk memperoleh air bersih masyarakat setempat hanya mengandalkan air hujan dan untuk mencuci mereka hanya mengandalkan kolam di belakang rumah.

“Air bersih hanya mengandalkan air hujan yang ditampung dari cucuran atap. Untuk keperluan yang lain seperti mandi dan mencuci kami membuat sumur seperti embung di belakan rumah,” tuturnya.

Oleh karena itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersusah pahah untuk membuat sumber air bersih ini.

Sementara itu Dandim 0314/lnhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid, SE., MTr (Han) melalui Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Arh Agus Purwanto mengatakan bahwa pembuatan sumur bor ini merupakan program Kasad Jendral TNl Dudung Abdurahman yang di salurkan melalui Kodim-Kodim di seluruh lndonesia.

Sudah sekitar satu pekan tim di dampingi Babinsa setempat terus berjuang membuat sumur bor untuk kebutuhan hidup masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini proses pembuatan sumur bor sudah selesai dilaksanakan dengan lancar dan aman sesuai dengan target yang telah kita rencanakan dengan kedalaman 200 meter dan sudah menghasilkan air yang sangat bersih,” sebut Kapten Arh Agus Purwanto pada Rabu, 18 Juni 2022.

Mungkin proses selanjutnya akan membangun tower tempat penampungan air sumur bor ini agar nantinya bisa kita alirkan ke rumah-rumah warga dengan tanpa harus menggunakan mesin sedot air masing-masing.

“Kita akan memasang mesin sedot air untuk menarik air dari sumur menuju ke penampungan, dilanjutkan dengan pemasangan pipa saluran air ke rumah rumah warga sekitar yang berjumlah 36 KK,” sebutnya.

Meskipun belum selesai semuanya, lanjutnya namun dengan telah berhasilnya membuat sumur bor ini dan telah mengeluarkan air yang bersih.

“Apa yang diharapkan dan didamba-dambakan masyarakat selama ini didambakan sudah ada titik terang. Semoga proses berikutnya bisa berjalan dengan lancar dan aman hingga hasilnya cepat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

loading...

Komentar