oleh

Lebaran Idul Fitri ke 5, Arus Balik Tembilahan – Kepri Relatif Aman

Infoinhil.com – Tembilahan, Saat diwawancarai awak media Kepala KSOP kelas IV Tembilahan, Capt Suratno mengatakan, pada H+ 5 lebaran idul Fitri lonjakan penumpang dari Tembilahan ke Kepulauan Riau (Kepri) masih relatif aman.

“Arus balik dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan tujuan kepulauan Riau saat ini belum ada lonjakan penumpang yang begitu besar, masih katagori aman. Masih bisa diatasi pihak operator,” ungkapnya, Jum’at (6/5/2022) pagi.

banner 300x250

Menurut Suratno, berkemungkinan pada akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu lonjakan penumpang begitu besar terjadi.

“Jadi kami akan menambah kapal cadangan tujuan Kepri, untuk antisipasi lonjakan penumpang pada Sabtu dan Minggu nanti,” jelas Capt Suratno.

Ia mengungkapkan, kapasitas penumpang dari 3 kapal yang berangkat rata-rata hampir 100 persen. 

“Apabila sudah penuh langsung berangkat tidak molor waktu, Kesian penumpang sudah antrian dari pagi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Capt Suratno. Dari arus mudik H-1 dan 2 kemaren dari Kepri sampai 7 kapal yang datang di pelabuhan Pelindo Tembilahan, untuk antisipasi arus balik, tentunya akan melakukan antisipasi sehingga tidak ada para penumpang yang ketinggalan dan terlantar di pelabuhan Pelindo Tembilahan.

“Kita akan memberikan pelayanan yang terbaik, dalam arus balik lebaran Idul Fitri dengan melihat kondisi pembelian tiket di loket, dan apabila banyak kami siapkan armada tambahan,” imbuhnya.

Ia juga mengimbau dan berharap para  calon penumpang agar bisa mengatur strategi agar tidak terjadi penumpukan. Jadi benar-benar memanage waktu.

“Karena arus balik dari H+3 hingga ke H+ 5 masih aman dan belum ada penumpang yang terlantar, berarti masih banyak masyarakat yang belum balik, takut akhirnya menjadi bumerang sendiri tidak terangkut untuk itu para penumpang agar pandai-pandai mengatur waktu berangkat,” terangnya.

Mengenai jadwal keberangkatan, Capt Suratno mengatakan schedule 2 grup yaitu jam 9.30 dan 10.30 pemberangkatan namun khusus untuk kapal untuk angkutan lebaran ini melakukan percepatan.

“Kami berikan semacam toleransi kepada teman-teman untuk melakukan percepatan pemberangkatan,” tandasnya.

Begitu juga untuk Pelabuhan Pelindo sudah siap untuk mengantisipasi semua lonjakan penumpang dan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait termasuk para operator swasta untuk penambahan kapal penumpang, khususnya bagi penumpang  yang akan balik secara bersama-sama.

Pada kesempatan ini, Capt Suratno juga mengapresiasi kepada semua pihak dan stakeholder terkait seperti Pemerintah Daerah, TNI, POLRI dan Instansi lain yang telah bersinergi dengan baik untuk melayani masyarakat dalam perjalanan arus balik, sehingga telah berjalan dengan aman dan sehat.

Terakhir dikatakan Kepala KSOP kelas IV Tembilahan Capt Suratno, untuk memberikan himbauan kepada penumpang arus balik, untuk selalu  berhati-hati tetap waspada dan tidak membawa barang bawaan berlebihan.

“Kami juga selalu memberikan pemahaman agar masyarakat yang melakukan Arus balik menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah dengan cara 5 M.  Dan pelaksanaan Vaksinasi Dosis ke III Booster (pelengkap) agar terhindar dari virus COVID-19,” tutupnya.

loading...

Komentar