oleh

Bersempena HUT Ke-9, PD IWO Inhil Berkolaborasi Bersama Gasebu Gelar Pemeriksaan Mata Katarak Gratis

Infoinhil.com – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online Kabupaten Indragiri Hilir (PD IWO Inhil) berkolaborasi bersama Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (Gasebu) menggelar kegiatan pemeriksaan mata katarak gratis bagi masyarakat bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Ikatan Wartawan Online (IWO), Minggu (8/8/2021) pagi di Kantor Camat Tembilahan Hulu.

Kegiatan ini juga menggandeng Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tembilahan Hulu. Sedikitnya, 190 orang menjadi peserta pemeriksaan mata katarak ini.

banner 720x90

Salah seorang inisiator Gasebu, Nahrawi SAg mengungkapkan, para peserta pemeriksaan mata katarak tersebut berasal dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Inhil, seperti Reteh, Keritang, Tanah Merah, Tembilahan dan lain sebagainya.

Setelah pemeriksaan, diungkapkan Nahrawi, pihaknya menunggu hasil peserta mana saja yang akan direkomendasikan tim dokter ke Pekanbaru untuk menjalani operasi.

“Biaya operasi akan ditanggung. Namun, tidak semua peserta yang akan mendapat rekomendasi. Prioritas kita, peserta yang berumur 50 tahun ke atas,” kata Nahrawi di sela kegiatan.

Untuk tindaklanjut, Nahwari mengatakan, pasien diminta menunggu hasil evaluasi dari tim dokter. Nantinya, pasien akan dihubungi oleh pihak Gasebu setelah rekomendasi terbit.

“Peserta cukup menyiapkan biaya makan di sana saja. Transportasi dan akomodasi kita yang tanggung. Selain usia, prioritas kami dalam merekomendasikan pasien adalah pekerjaan, yang mana pekerjaan yang paling beresiko pada mata akan masuk dalam kriteria utama,” jelas Nahrawi.

Lebih lanjut, Nahrawi mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada Ikatan Wartawan Online, terutama PD IWO Inhil atas dukungan pemberitaan terhadap kegiatan-kegiatan Gasebu selama ini.

“Keberadaan PD IWO Inhil sangat terasa bagi Gasebu. Pemberitaan-pemberitaan IWO Inhil sangat membantu publikasi kegiatan Gasebu. Apalagi, Gasebu berdomisili di Reteh, sehingga akses ke Ibu Kota relatif jauh,” ujar Nahrawi.

Selanjutnya, Nahrawi berharap, kolaborasi antara PD IWO Inhil dan Gasebu dapat terus terjalin serta eksistensi PD IWO Inhil dapat terus dirasakan manfaatnya bgi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Ketua PD IWO Inhil, Muridi Susandi menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan pemeriksaan mata katarak gratis yang juga menggandeng pihak Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu beserta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tembilahan Hulu.

“Alhamdulillah, kegiatan bisa berjalan lancar. Seluruh peserta dapat diakomodir untuk menjalani pemeriksaan. Ini menjadi suatu hal yang membanggakan bagi kami dan tentunya mitra kami Gasebu,” jelas pria yang akrab disapa Sandi itu.

Sandi mengungkapkan, menyambut baik kerja sama yang terjalin antara PD IWO Inhil dan Gasebu. Dia mengatakan, Gasebu merupakan mitra strategis PD IWO Inhil di bidang sosial kemasyarakatan.

“Kehadiran Gasebu di tengah masyarakat memang sangat bermanfaat. Untuk itu, IWO Inhil berkomitmen untuk tetap menjaga kemitraan dengan Gasebu, menjalin kerja sama, berkolaborasi untuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” ungkap Sandi.

Sementara, salah seorang keluarga peserta pemeriksaan mata katarak, Ismi mengaku senang karena sang ayah yang menderita katarak dapat menjalani pemeriksaan gratis. Dia juga berharap, kegiatan serupa dapat secara konsisten dilaksanakan oleh PD IWO Inhil dan Gasebu.

“Sangat senang, bapak Saya bisa diperiksa. Sudah cukup lama juga Bapak katarak. Dari hasil pemeriksaan, Bapak disuruh operasi. Mudah-mudahan nanti bisa dioperasi dan setelah itu Bapak bisa sembuh dan normal kembali,” kata Ismi.

Di lokasi kegiatan, tampak hadir Sekretaris Kecamatan Tembilahan Hulu, Drs Junaidi MSi dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kesejahteraan Kecamatan Tembilahan Hulu bersama sejumlah dokter yang didatangkan dari Pekanbaru untuk melakukn pemeriksaan mata katarak para peserta.

loading...

Komentar