oleh

Gasebu Reteh Berbagi “Gantung Seikhlasnya, Ambil Secukupnya

Infoinhil.com – Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU), Komunitas Emak Emak Gasebu dan PHBI Kecamatan Reteh selama bulan suci ramadhan 1442 H melaksanakan gerakan berbagi berkah ramadhan berupa kegiatan yang diberi nama Gantung seikhlasnya ambil secukupnya dan juga kegiatan penyaluran pakaian layak pakai bertempat di pintu gerbang Masjid Besar Jamik Kecamatan Reteh Jalan Riau Pulau Kijang.

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain mengatakan bahwa kegiatan Gantung Seikhlasnya Ambil Secukupnya kita laksanakan selama 27 hari dimulai sejak 3 Ramadhan, sedangkan untuk penyaluran pakaian layak pakai dimulai dari 24 Ramadhan.

banner 720x90

Untuk kegiatan Gantung Seikhlasnya Ambil Secukupnya konsep kegiatannya sangat mudah dimana kita menyiapkan tempat untuk menggantungkan donasi yang akan diberikan oleh masyarakat dengan langsung menggantung donasinya dan masyarakat yang membutuhkan tinggal memilih dan mengambil Secukupnya. Donasi yang digantung oleh donatur pun sangat bervariasi mulai dari aneka kue, buah buahan, nasi bungkus (kotak), air buah, air jus, gula, mie instan, pecal dan sate serta beberapa sembako. Demikian juga dengan pakaian layak pakai yang disumbangkan oleh masyarakat juga sangat bervariasi tapi lebih dominan pakaian perempuan dan anak.

Alhamdulillah selama 27 hari pelaksanaan gerakan berbagi berkah ramadhan ada sebanyak 5.460 donasi yang digantung oleh masyarakat. Sedangkan untuk donasi pakaian layak pakai yang disumbangkan oleh masyarakat ada sebanyak 1.187 lembar dan yang disalurkan sebanyak 957 lembar. Kegiatan ini kita laksanakan pada pukul 16.00 ba’da ashar.

Sementara itu Sariyanti warga kelurahan Pulau Kijang saat dimintai pendapatnya terkait kegiatan gasebu ini sangat berterima kasih kepada gasebu yang telah memberikan wadah bagi para donatur yang ingin berbagi takjil ataupun yang lainnya sesuai keikhlasan dan keinginannya. Dan kegiatan ini cukup ramai didatangi oleh masyarakat baik yang ingin berdonasi maupun yang ingin mengambil.

Semoga kedepan kegiatan ini tetap berlanjut dan semakin banyak masyarakat yang ikut menggantungkan donasinya.

Inisiator Gasebu Nahrawi mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh pengurus gasebu karena kegiatan ini sebagai wujud membangun kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk berbagi berkah dibulan ramadhan. Dan alhamdulillah antusiasme masyarakat untuk menggantungkan donasinya sangat luar biasa karena terbukti 5.460 paket digantung oleh masyarakat dan diambil oleh masyarakat yang memerlukan.

Jumlah paket tersebut kalau kita konfeksikan dalam bentuk uang maka ada sekitar Rp. 27.300.000,- (dengan asumsi rata rata yang digantung dinilai dengan Rp. 5000,- / paket).

Tentunya ini jumlah yang tidak sedikit jika diukur dengan kegiatan yang sangat sederhana ini. Demikian juga dengan pakaian layak pakai antusias masyarakat untuk menyumbang juga luar biasa karena pakaian yang menumpuk dan tidak terpakai dirumah akan bermanfaat bagi saudara saudara kita yang membutuhkan.

Kegiatan ini henat saya sukses dalam mengedukasi masyarakat dalam membangun kesadaran dan kepedulian yang dilandasi semangat kebersamaan untuk saling membantu sesuai dengan motto gasebu ANDA DIA dan SAYA adalah KITA dalam SEMANGAT KEBERSAMAAN.

Tentunya ucapan terima kasih kepada Pembina Gasebu, ketua Gasebu, Emak Emak Gasebu dan PHBI Kecamatan Reteh beserta segenap jajaran pengurus yang telah bahu membahu menyelenggarakan kegiatan ini bahkan juga secara bergantian juga menjadi donatur.

Tidak lupa pula kepada pengurus Masjid Besar Jamik yang telah memberikan tempat. Dan terkhusus kepada para donatur yang telah menggantungkan rasa kepedulian dan kesadarannya dalam kegiatan ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu baik yang berasal dari kecamatan Reteh, Tembilahan, Pekanbaru dan Jambi. In syaa Allah akan bernilai ibadah disisi Allah Swt terbingkai do’a semoga senantiasa dimurahkan reskinya dalam keberkahan sehat selalu dalam lindungan rahmat dan ridha Allah Swt.

loading...

Komentar