oleh

Harus Dikelola dan Dijaga, DPAD Inhil Bersama Arsiparis Madya DPK Riau Beri Pembinaan Arsip di Disdik

banner 720x90

Infoinhil.com – Jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama Arsiparis Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Riau, Ramli Arsyad kembali memberikan pembinaan dan audit arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu 24 Maret 2021.

Kali ini, kegiatan digelar di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Inhil, Jalan Veteran Tembilahan.


banner 970x250

Pada kesempatan tersebut, Arsiparis Madya Provinsi Riau, Ramli Arsyad mengatakan, setiap instansi pemerintah berkewajiban untuk melaksanakan kearsipan, dalam upaya menciptakan bukti yang otentik agar terpercaya.

“Arsip bisa diandalkan untuk bahan pertanggungjawaban, karenanya arsip sangat penting untuk dikelola dan dijaga dengan baik,” ujarnya.

Keberadaan arsip, dijelaskan Ramli Arsyad, juga untuk mempermudah dalam pencarian referensi dan data-data yang diperlukan, baik itu terkait pekerjaan yang telah dilakukan dan sejarah masa lalu.

“Misalnya seratus tahun kemudian, anak cucu kita mencari siapa sih Bupati, Anggota DPRD, Kepala Dinas dan lain-lain, dengan adanya arsip sehingga bisa didapatkan data-data tersebut. Karenanya, hari ini saya dan DPAD Inhil ke Dinas Pendidikan untuk melakukan sosialisasi pembinaan dan audit arsip,” tambahnya.

Senada dengan itu, Kepala DPAD Inhil melalui Kasubbag Perencanaan, Hubungan Masyarakat dan Kepegawaian (PHMK) Ase’ berharap melalui audit tersebut, ke depan nilai C yang telah didapatkan saat ini bisa meningkat menjadi B lah.

“Baik atau tidaknya penataan dokumen suatu daerah bisa diukur dari kearsipannya. Mudah-mudahan sosialisasi ini bisa dipahami oleh OPD, karena ini merupakan tugas yang wajib kita lakukan,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Ase’, audit arsip yang dilakukan oleh DPAD bukan terkait anggaran OPD, tetapi hanya tata pengolahan kearsipan, mulai dari naskah dinas, klasifikasi, penyusunan hingga penyimpanannya.

“Jadi, kami hanya fokus dengan tata pengolahan arsip saja,” terangnya.

Sementara Kasubbag Umum dan Kepegawaian Disdik Inhil, Muhammad Daud mengucapkan terima kasih atas sosialisasi kearsipan yang diberikan oleh Arsiparis Madya Provinsi Riau dan DPAD Inhil.

“Ini tentunya sangat menunjang untuk kearsipan surat-menyurat kita. Alhamdulillah, memang ada beberapa item yang sudah kami laksanakan sesuai ketentuan yang ada, tetapi masih banyak kekurangan-kekurangan. Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pembinan ini, mudah-mudahan apa yang kurang bisa diperbaiki,” imbuhnya.

loading...

Komentar