oleh

DLHK Inhil Ajak Masyarakat Pilah Sampah, Dimulai dari Sampah Rumah Tangga

Infoinhil.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Indragiri Hilir mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan pilah sampah dimulai dari rumah tangga.

“Kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar dinilai sangat penting. Hal ini diungkapkan oleh Kepala DLHK Kabupaten Indragiri Hilir Ir.H. Illyanto,MT melalui Kasi Pengurangan Sampah Muhammad Erpan, S.si., Apt

banner 720x90

Erpan menjelaskan, perlu adanya sinergisitas antara masyarakat dan pemerintah dalam penanganan masalah sampah. Melihat volume sampah di TPA Sungai Beringin terus bertambah, sehingga diperlukan kreativitas dalam penanganannya. Salah satunya dengan melakukan edukasi ke masyarakat untuk melakukan pilah sampah dari sumbernya.

“Setiap dari kita pasti menghasilkan sampah, sehingga perlu dipilah minimal dua kategori yakni sampah yang mudah hancur dan sampah yang tidak mudah hancur seperti plastik, botol dan sebagainya,” kata Erpan.

Terkait pengolahan sampah, Erpan menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi pembuatan kompos dari sampah organik. Sedangkan, sampah anorganik bisa dipilah dan dijual untuk menambah nilai ekonomi.

“Yang tidak mudah hancur (sampah anorganik) bisa dijual untuk menambah nilai ekonomi atau didaur ulang agar bernilai guna, dan yang mudah hancur (sampah organik) bisa dikelola untuk dijadikan pupuk kompos,” jelas Erpan

Erpan mengajak masyarakat secara sadar untuk memulai gerakan pilah sampah dari rumah, dengan memilah sampah rumah tangga seperti organik dan anorganik secara tidak langsung membantu mengurangi limbah di lingkungan sekitar.

loading...

Komentar