oleh

Mudik Saat Musim Corona, Siap-siap Dijadikan ODP Covid 19

Infoinhil.com – Tim Gugus Covid 19 melalui Juru Bicara Tim Gugus Covid 19, Trio Beni Putra menghimbau masyarakat agar tidak melakukan mudik selagi masih ada wabah Covid 19.

Trio Beni yang juga Plt Kepala DiskominfoPS Inhil mengatakan himbauan tersebut dibuat sesuai dengan himbauan Pemerintah Pusat demi kenyamanan dan keamanan warga yang menetap dan juga warga yang berniat ingin mudik dalam waktu dekat ini.

“Kita himbau untuk sementara ini, selama masih ada wabah corona agar tidak dulu melakukan mudik atau bepergian jauh agar kenyamanan dan keamanan di suatu daerah tetap terjaga,” jelas Trio saat dikonfirmasi media, Sabtu (11/4/2020).

Kenyamanan dan keamanan yang dimaksud Tim Gugus Covid 19 Inhil, kata Trio, agar tidak menimbulkan keresahan kepada warga yang dikunjungi serta yang ingin melakukan mudik juga tau jika berada di kampung halaman tidak bisa sebebas seperti biasa karena statusnya menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Himbauan Tim Gugus ini guna ingin menjaga buat kita semua. Warga yang berada di kampung tidak was-was, dan yang ingin melakukan mudik juga bisa berpikir ulang sebelum mudik karena ketika dia pulang kampung maka dia tidak bisa beraktifitas keluar mengingat dia berstatus ODP yang harus menjalani isolasi 14 hari,” jelasnya.

Trio menambahkan, bagi yang nekat melakukan mudik, bagi para pekerja maka bersiap-siap akan merasakan dua kali dijadikan ODP. Di kampung jadi ODP dan di tempat dia bekerja ketika dia pulang menjadi ODP lagi, siap-siap libur dahulu selama 14 hari untuk menjalani isolasi mandiri.

“Ketika dia pulang kampung ditetapkan sebagai ODP dan saat kembali di tempat rantau lagi, dia akan dijadikan sebagai ODP kembali, karena dianggap sudah melakukan perjalanan jauh, jadi harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari tidak boleh bekerja beraktifitas di luar, dan ini berlaku kepada semua masyarakat termasuk karyawan perusahaan dan lain sebagainya. Kan sayang waktu terbuang sia-sia, dan himbauan ini sudah kita sampaikan ke semua perusahaan di Inhil,” sebut Trio.

Himbauan tersebut dikeluarkan, lanjut Trio, karena mengingat ada momen yang akan dilewati yakni bulan Ramadhan dan juga hari raya Idul Fitri, dimana dalam kebiasan masyarakat sering melakukan mudik pada momen-momen tersebut.

“Momen Ramadhan dan hari raya Idul Fitri adalah waktu yang biasa paling tepat untuk mudik karena masyarakat ingin bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan momen ini ada libur panjang. Jadi untuk saat ini kita himbau ditunda dulu mudiknya, sayangi keluarga dan diri Anda semua,” harap Trio. (TW)

loading...

Komentar