Berita

UMKM Asal Inhil Raih Juara 1 pada Festival Sambal Nusantara Indonesia Expo

×

UMKM Asal Inhil Raih Juara 1 pada Festival Sambal Nusantara Indonesia Expo

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Jakarta, Salah satu pelaku UMKM Binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau Berhasil Meraih Juara 1 Festival Sambal Nusantara pada event Indonesia Maju Expo dan Forum 2024. Sabtu, (06/07/2024)

Festival Sambal Nusantara tersebut diikuti oleh 31 peserta se-Indonesia, Leni Marlina, SE, yang merupakan pelaku usaha kuliner dari Kecamatan Batang Tuaka itu tampil dengan membawa nama Kabupaten Indragiri Hilir pada event tersebut dan berhasil meraih juara 1.

Pada Festival tersebut Leni Marlina memperkenalkan masakannya dihadapan para dewan juri yang dinamakannya “Sambal Lalak Sungai Getek”. Dia menjelaskan sedikit tentang bagaimana pengolahan dan penyajian kulinernya yang memiliki cita rasa yang pas.

“Alhamdulillah Sambal Lalak Sungai Getek berhasil merebut hati dewan juri dengan Cita rasa yang khas, cara penyajian dan historinya dimana sambal tersebut bahan utamanya merupakan hasil dari kebun kelapa dan nelayan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, jadi antara Petani Kelapa dan Nelayan di satu dalam sebuah sambal,” ungkapnya kepada wartawan BERITAINHIL.com Minggu (7/7/24).

Leni mengaku mendapatkan ide membuat Sambal Lalak Sungai Getek ini terinspirasi dari julukan Kabupaten Inhil yang dikenal dengan sebutan hamparan kelapa dunia.

“Membuat Sambal Lalak Sungai Getek ini terinspirasi dengan julukan Kabupaten Inhil yang dikenal dengan sebutan Hamparan kelapa dunia, maka terinspirasi buat sambalnya dari bahan kelapa,” ucap Leni.

Pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Inhil itu menambahkan, nama sambal lalak itu adalah bahasa sehari-hari yang ada di Kabupaten Inhil yang artinya sambal yang terbuat dari bahan kelapa, yaitu santan Kental yang dimasak hingga berbentuk hampas.

“Sedangkan nama Sungai Getek nya merupakan Jembatan Penghubung  3 Kecamatan menuju Kabupaten yaitu Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan Gaung, di sungai Indragiri Hilir,” sebutnya.

Terakhir, Ibu dua anak itu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Pemerintah Kecamatan Batang Tuaka, dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Inhil serta seluruh yang mensupport nya untuk mengikuti Festival tersebut.

“Alhamdulillah, terimakasih banyak atas dukungan Bapak dan Ibu Pj. bupati Indragiri Hilir, Bapak H.Herman dan Ibu Hj. Katerina Susanti, serta Camat Batang Tuaka dan Ibu Lenie Nawier serta kepala dinas Ir. H.Illyanto, MT, yang terus mendukung kami pelaku UMKM khususnya dari Kecamatan Batang Tuaka,” kata Leni Marlina.

Sebagai informasi, Sambal Lalak Sungai Getek ini yang merupakan pemenang pertama utusan dari TP.PKK Kecamatan Batang Tuaka pada lomba Bazar UMKM dan festival kuliner yang dilaksanakan pada bulan Mei 2024 yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir.