Berita

Langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan Masyarakat atas Ancaman Polio pada Anak

×

Langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan Masyarakat atas Ancaman Polio pada Anak

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Inhil, Polio, sebuah penyakit menular serius yang disebabkan oleh virus polio, masih merupakan ancaman di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam kondisi kejadian luar biasa (KLB) Polio, Dinas kesehatan Inhil menyampaikan langkah-langkah pencegahan menjadi sangat penting untuk melindungi anak-anak, terutama yang berusia di bawah 5 tahun dan belum mendapatkan vaksinasi polio secara lengkap, (11/06/2024).

Mengenal Cara Penularan Polio

Virus polio menular melalui kontak langsung dengan tinja orang yang terinfeksi, yang bisa terjadi melalui makanan, minuman, atau lingkungan yang terkontaminasi. Anak-anak yang belum memiliki kekebalan yang cukup rentan terhadap virus ini, dan dapat mengalami kelumpuhan parah jika terinfeksi.

Langkah-langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan

  1. Vaksinasi Polio: Vaksin polio adalah cara terbaik untuk melindungi anak-anak dari penyakit ini. Pastikan anak-anak Anda mendapatkan vaksinasi polio lengkap sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh petugas kesehatan. Dalam situasi KLB Polio seperti sekarang, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir aktif menggelar Sub Pin Polio di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk memastikan akses mudah bagi semua anak.
  2. Kebersihan Lingkungan: Membersihkan lingkungan sekitar secara teratur sangat penting. Pastikan area rumah dan tempat umum lainnya bebas dari kontaminasi yang dapat menyebarkan virus polio. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.
  3. Edukasi Masyarakat: Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir turut berperan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi polio dan menjaga kebersihan lingkungan. Sosialisasi dan kampanye tentang pencegahan polio perlu terus dilakukan untuk mencapai tingkat imunisasi yang optimal di komunitas.

Peran Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir telah mengambil langkah proaktif dalam menghadapi KLB Polio dengan meningkatkan cakupan vaksinasi dan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat. Upaya ini tidak hanya melibatkan pelayanan kesehatan tetapi juga pendekatan komprehensif untuk memastikan bahwa anak-anak terlindungi sepenuhnya dari risiko polio.

Kesimpulan

Pencegahan polio memerlukan kerja sama dari seluruh komunitas. Dengan mendukung program vaksinasi dan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat melindungi anak-anak dari polio. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir siap untuk memberikan dukungan penuh kepada masyarakat dalam melawan polio. Mari bersama-sama menjaga kesehatan anak-anak kita agar terhindar dari penyakit yang dapat dicegah ini.