Berita

DP2KBP3A Katakan Angka Stunting Menurun, Pj Bupati Inhil Apresiasi Kinerja OPD

×

DP2KBP3A Katakan Angka Stunting Menurun, Pj Bupati Inhil Apresiasi Kinerja OPD

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Inhil, Penjabat Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H. Herman membuka secara langsung kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Kecamatan Tembilahan, Minggu (28/04/2024) di Aula Kantor Camat Tembilahan.

Kegiatan ini diserangkaikan dengan Pengukuhan Bunda Literasi, Bunda PAUD, Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting dan Pembina Posyandu Kelurahan se-Kecamatan Tembilahan.

Pengukuhan itu dilakukan oleh Pj Ketua TP PKK Inhil Hj. Katerina Susanti Herman dan disaksikan oleh Pj Bupati.

Hj. Katerina Susanti Herman mengajak untuk bersama-sama mengikuti dan mensukseskan berbagai rangkaian kegiatan dalam Jambore PKK ini. Dengan niat dan tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kualitas diri yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga,” ungkapnya.

Sementara Pj Bupati Herman mengatakan, sebagai mitra Pemerintah, PKK memiliki peran penting dan strategis dalam memberdayakan keluarga terutama perempuan sebagai motor penggeraknya.

“PKK merupakan mitra pemerintah yang mempunyai peran sangat strategis dalam mewujudkan keluarga yang beriman, maju, mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Kegiatan tahunan yang diisi dengan berbagai macam perlombaan ini, diharapkan Pj Bupati dapat meningkatkan wawasan, kemampuan, serta keterampilan Kader PKK di Kabupaten Inhil.

Dikesempatan yang sama, Pj Bupati Herman juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menurunkan angka stunting.

“Alhamdulillah, dari hasil audit Kemenkes RI melalui Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun ini terjadi penurunan stunting secara prevalensi sejumlah 9.7 % untuk Kabupaten Inhil,” terangnya.

Ia mengatakan, penurunan yang signifikan itu dilihat dari kurva tahun 2023 sejumlah 28,5% menjadi 18,8% untuk tahun 2024.

“Untuk itu, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada OPD terkait dan TP PKK serta semua pihak yang turut serta dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Inhil,” tutup Pj Bupati Herman.

Hadir dalam kesempatan ini, Camat Tembilahan beserta Jajaran, Unsur Forkopimcam Kecamatan Tembilahan, Lurah se-kecamatan Tembilahan dan undangan.