Berita

Bunda Literasi Inhil Hj.Katerina Susanti Hadiri Kegiatan Bimtek Pengembangan Layanan Berbasis TIK (Inlislite)

×

Bunda Literasi Inhil Hj.Katerina Susanti Hadiri Kegiatan Bimtek Pengembangan Layanan Berbasis TIK (Inlislite)

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Inhil, PJ. Ketua Tim Penggerak PKK selaku Bunda Literasi Kabupaten Indragiri Hilir Hj. Katerina Susanti Herman menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Layanan Berbasis TIK (Inlislite) kepada Pustakawan Dinas Perpustakaan Kab. Inhil, bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan Jl. Pendidikan Tembilahan, Kamis (25/4/2024).

Perpustakaan sebagai sumber informasi memegang peranan penting dalam pembangunan di era globalisasi saat ini dan merupakan sarana penunjang dalam pendidikan formal maupun informal.

Perpustakaan dalam konteks komunikasi yang lebih luas, juga berperan sebagai lembaga sosial di dalam proses pendidikan dan inovasi untuk menunjang semua kegiatan masyarakat,”ungkap Bunda Literasi

Inlislite adalah program automasi perpustakaan terintegrasi yang digunakan sebagai sarana pengelolaan data perpustakaan berbasis teknologi informasi. Inlislite bertujuan untuk mendorong penerapan jejaring perpustakaan digital nasional indonesia sebagai bagian dari jejaring perpustakaan digital dunia (world digital library),”jelasnya.

Sementara PJ. Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Abdul Rasyid mengatakan, aplikasi inlislite merupakan aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh perpustakaan Nasional Republik Indonesia sejak tahun 2011. Insilite dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh perpustakaan Nasional RI dalam rangka menghimpun koleksi Nasional dalam jejaring perpustakaan digital Nasional Indonesia.

“Terakhir, penerapan aplikasi inlislite dalam perpustakaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam menghimpun koleksi perpustakaan yang berbasis digital yang terekam dengan baik di server perpustakaan Nasional RI,”tutup PJ. Bupati.