Berita

Kodim 0314/Inhil Laksanakan Upacara Bendera Bulanan 17 Februari

×

Kodim 0314/Inhil Laksanakan Upacara Bendera Bulanan 17 Februari

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Tembilahan — Kodim 0314/Inhil melaksanakan upacara bendera bulanan 17 Februari di lapangan Makodim 0314/Inhil, Jum’at,(17/02/2023) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M.Tr.(Han) yang di wakili oleh Pasi Log kodim 0314/Inhil, Kapten Inf Ujang Zakharimansyah, dan bertindak sebagai Komandan upacara Peltu Sunasto dan sebagai perwira upacara Pelda Sri Wahyono dan Pembacaan UUD 1945, Serda Syahrul serta Pengucap Sapta marga, Serda R.Jonathan Manik.

Dalam amanatnya kapten Inf Ujang Zakharimansyah membacakan sambutan Kepala Staf angkatan darat, Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman Mengatakan, melalui momen upacara tujuh belasan pada tahun 2023 ini, ia ucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras yang didedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, karena sepanjang Tahun 2022 yang lalu, berbagai tugas yang diamanatkan oleh negara telah dapat diselesaikan dengan baik.

Di Tahun 2022 berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan masalah stunting dan ketahanan pangan serta tugas-tugas perbantuan lainnya, telah menjadi bukti nyata pengabdian TNI-AD kepada bangsa dan negara.

“Pencapaian ini tentu harus kita pertahankan dan kita tingkatkan di tahun ini karena berbagai agenda tugas yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD di tahun 2023 ini,” ujarnya.

Sebagaimana di ketahui bersama, bahwa dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang adil dan makmur, akan terus menghadapi berbagai tantangan dan dinamika persoalan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Dinamika permasalahan bangsa tersebut, tentunya akan semakin kompleks dan dinamis, terlebih dengan terus berkembangnya teknologi informasi saat ini. ‘Oleh karena itu Saya berpesan kepada seluruh prajurit beserta keluarganya, agar bijak dalam menggunakan media sosial, saring informasi yang diterima sebelum di sharing kepada teman maupun keluarga,” bebernya.

Satu hal yang perlu mendapat perhatian dari semua adalah ancaman polarisasi sosial. Di tahun 2023 ini akan memasuki tahun politik dan menjelang pemilihan presiden (pilpres)2024.

“Saya meminta jajaran TNI AD tetap menjaga netralitas saat melaksanakan tugas dalam menghadapi tahun politik 2024. Sebagaimana perintah presiden dan panglima TNI,” ungkap Jenderal tni dr.Dudung Abdurachman yang di bacakan kapten Ujang.

Memasuki awal TW I Tahun 2023, perlu di sampaikan kepada para pejabat pembuat komitmen (PPK) untuk mengecek program-program dan kegiatan yang ada di daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA), bila ada Kendala dalam melaksanakan kegiatan sesuai program , agar segera dilaporkan dan di tindaklanjuti sehingga program dan yang jalankan di tahun 2023 dapat berjalan sesuai rencana dengan hasil yang maksimal.

Selain masalah anggaran, yang perlu diwaspadai saat ini adalah fenomena bencana alam seperti banjir, gempa dan tanah longsor karena hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada sektor ekonomi, sosial dan lingkungan.

Kerusakan infrastruktur dapat mengganggu aktivitas sosial, korban jiwa, kerusakan ekosistem dan hilangnya tempat tinggal. Hal ini akan berdampak pada krisis ketahanan pangan, krisis air dan meningginya permasalahan stunting.

“Sebelum mengakiri amanat,Saya akan menyampaikan beberapa penekanan lagi pedoman bagi kita semua,” imbuhnya.

Pertama, terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa.

Kedua, TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

Ketiga, lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat.

Keempat, mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya.

Kelima, para pejabat pembuat komitmen (PPK), selalu laksanakan penyesuaian rencana penarikan dana(RDP) dan kalender penarikan dana(KPD) penyerapan masing-masing satker untuk menunjang IKPA TA.Tahun 2023 lebih baik dari 2022.

“Demikian amanat saya, semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya pada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI Angkatan Darat, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.