Kodim kodim 0314/Inhil Gelar Komsos dengan Komponen Bangsa Lainnya

Infoinhil.com – Tembilahan, Dalam rangka memperkokoh sinergitas, Kodim kodim 0314/Inhil menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Bangsa Lainnya (Pembinaan Komunitas) di wilayah kodim 0314/Inhil TA. 2022. Dengan tema ” Bersatu Membangun Bangsa Dalam Bingkai NKRI”, bertempat di Aula Kodim 0314/Inhil jalan. A Yani No 9 Tembilahan Hulu, Rabu (30/11/2022) pagi.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S,E.,M.Tr.(Han) yang di wakili oleh pasi Ter Kodim 0314/Inhil Lettu inf R.Ginting mengucapkan selamat datang, terima kasih dan apresiasi atas kehadiran para peserta, karena di tengah kesibukannya masih dapat meluangkan waktu untuk memenuhi undangan dari Kodim 0314/Inhil.

“Diharapkan dalam pertemuan kita ini para komunitas ini bisa bersama-sama untuk membantu melaksanakan pembangunan atau wilayah kita ini khususnya kabupaten Indragiri hilir.Karena sama sama kita ketahui bahwa pengaruh internet sangat luar biasa bagi anak anak muda di zaman sekarang,” ujar Pasiter Lettu lnf R Ginting.

Dalam kesempatan ini juga pasi pers Kodim 0314/Inhil Letda Arm Muchazzar selaku pengisi materi menyampaikan Wawasan kebangsaan adalah politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah meliputi tanah darat air laut termasuk dasar laut tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Keberagaman adalah suatu kondisi pada kehidupan masyarakat perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa ras agama budaya dan gender. Dalam wawasan kebangsaan terdapat tiga unsur wawasan kebangsaan yang pertama adalah rasa kebanggaan paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

“Adapun tujuan wawasan kebangsaan adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional pada kepentingan perorangan kelompok golongan suku bangsa atau daerah . Kepentingan tersebut tetap di hargai agar tidak bertentangan dari kepentingan nasional,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang diawali oleh kecintaannya kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

“Adapun fungsi bela negara antara lain, sebagai penjaga keutuhan wilayah negara, sebagai pertahanan negara dari suatu ancaman, sebagai sebuah panggilan sejarah, sebagai kewajiban masing-masing warga negara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S,E.,M.Tr.(Han) yang di wakili pasi Ter Lettu inf R.Ginting, pasi pers Letda Arm Muchazzar, Komunitas RAPI(Radio antar penduduk Indonesia, komunitas kicau Burung, komunitas IHSC(Indragiri Hilir shooting club)
serta tamu undangan lainnya.

loading...

Komentar