BeritaGaleri

Bupati HM Wardan Kukuhkan Dandim 0314/Inhil sebagai Bapak Asuh Anak Stunting

×

Bupati HM Wardan Kukuhkan Dandim 0314/Inhil sebagai Bapak Asuh Anak Stunting

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Bupati Inhil HM Wardan bersama Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan mengukuhkan Komandan Kodim (Dandim) 0314 Inhil dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang LIV Kodim 0314 Inhil Sebagai Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting Kabupaten Indragiri Hilir, di Gedung Darma Wanita Jalan Sungai Beringin, Kamis (24/11).

Ditandai dengan pemasangan selempang, prosesi pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Bupati Inhil Drs. H. Muhammad Wardan, MP bersama Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan.

Hadir dalam kesempatan Unsur Forkopimda Inhil, Kadis P2KBP3A dan beberapa Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Inhil, Ketua IDI, Ketua IBI serta hadirin undangan

Dandim 0314/Inhil Nahruddin Roshid selaku Bapak Asuh Anak Stunting mengatakan, untuk menurunkan angka stunting pada anak, baik di daerah maupun tingkat nasional, Bapak Kepala Staf Angkatan Darat menggagas program orang tua asuh guna membantu keluarga kurang mampu dalam pemenuhan gizi pada anak.

“Ada dua fokus dalam program tersebut, pertama asuhan prioritas yang dilakukan untuk memenuhi makanan tambahan dan sanitasi serta pemenuhan air bersih, dan yang kedua adalah asuhan pendampingan,” jelasnya.

Selanjutnya, Bupati Inhil H. Muhammad Wardan juga mengatakan, pengukuhan yang dilaksanakan ini, adalah salah satu langkah dan komitmen bersama untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Inhil.

Dijelaskan Bupati, data stunting Kabupaten Inhil berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 tercatat angka 28,4 %, kondisi ini dibandingkan dengan target nasional yaitu 14%.

“Pemerintah Kabupaten Inhil sesungguhnya sudah melaksanakan berbagai program dalam upaya penurunan angka stunting, diantaranya kegiatan sosialisasi dan pelatihan di semua Kecamatan, bahkan bersama TP PKK kita melaksanakan program melalui Gerakan Satu Hati (GSH), baik GSH I hingga GSH II, demikian dengan Baznas Inhil yang baru–baru ini melakukan pelatihan menjahit, las dan bengkel bagi mustahik yang memiliki anak stunting,” terangnya.

Untuk itu, Bupati mengharapkan kerjasama dan koordinasi kedepan dalam menurunkan angka stunting sehingga target nasional sebagaimana telah ditetapkan Pemerintah dapat tercapai.

loading...