oleh

Korem 031/Wira Bima Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0314/Inhil

Infoinhil.com – Enok, Komando Resort Militer (Korem) 031/Wira Bima(WB) melaksanakan program pelatihan penanggulangan bencana alam tahun 2022 di wilayah Kodim 0314/Inhil,tepatnya di desa Bagan Jaya kecamatan Enok pada senin(21/11/2022).

Turut menghadiri kegiatan tersebut, Bupati Inhil diwakili oleh Sekda Inhil Drs. H Afrizal M.P, Kasi Pers Kasrem 031/WB Kolonel Asep Supriatna S.I.P, Kasi Intel Kasrem 031/WB Kolonel Arh Hadi Purwanto S.H, Kasiter Kasrem 031/WB Letkol Inf Hipni Maulana Farhan, Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid S.E., M.Tr(Han),Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo S.Sos, Kajari Inhil diwakili oleh Kasipidum M. Ikhsan S.H, Kepala BPBD Inhil H. Yusfik, Kadis DPKP Inhil Ediwan Sasby, PC PT. BPLP Agung Sujarwo, Manager BPME Agung Tri Purwantoro, Manager BPLE Jani, Camat Kuala Enok, Assek Wella, Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim, Kapolsek Kuala Enok Iptu Cardi Tokoh Masyarakat Kuala Enok.

Kegiatan tersebut di awali dengan upacara gelar pasukan dengan bertindak sebagai inspektur upacara Danrem 031/WB Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Dandim 0314/Inhil Letnan Kolonel Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M.Tr.(Han).

Darem 031/WB menuturkan pelaksanaan pelatihan penanggulangan bencana alam yang laksanakan dengan tujuan untuk menyiapkan kekuatan yang terintegrasi dalam menghadapi bencana khususnya Karhutla serta bencana lainnya.

Dikatakan Danrem, saat ini masih banyak kendala yang di hadapi dalam menghadapi bencana alam karhula,salah satunya kurang terlatihnya prajurit dan stecholder terkait dalam melaksanakan tugasnya serta minimnya sarana pendukung seperti peralatan dilapangan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan penanggulangan bencana tersebut di harapkan terbangunnya komunikasi dan koordinasi semua stecholder untuk bersama sama meningkatkan kemampuan satuan kewilayahan dalam merencanakan serta mempersiapkan tugas untuk membatu pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam.

“Setelah dilaksankannya pelatihan penanggulangan bencana ini di harapkan kedepan apabila terjadi suatu hal maka penanganan bencana bisa lebih efektif dan efisien sehingga mampu meminimalisir kerugian dan korban akibat bencana,”ujarnya.

Terakhir orang nomor satu di Korem 031/WB itu berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti latihan tersebut dengan serius dan bersemangat sesuai dengan intruksi dari pemateri sehingga sesuai dengan sasaran yang di harapkan.

“Kepada peserta saya berharap untuk serius dan benar benar memahami serta mencatat kekurangan kekurangan yang ada sehingga menjadi evaluasi latihan lebih lanjut,”Pungkas Danrem 031/WB.

Sementara Dandim 0314/Inhil Letnan Kolonel Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M.Tr.(Han) selaku Dansub Satgas latihan penanggulangan bencana alam mengatakan pelaksanaan pelatihan tersebut nantinya dilaksanakan selama 5 hari dengan melibatkan prajurit dan stecholder terkait

“Peserta akan mendapatkan materi pelatihan dari pemateri yang telah berkompeten dibidangnya serta nantinya juga akan dilaksanakan simulasi terpadu penanggulangan bencana oleh peserta,”ujarnya.

Turut mengikuti pelatihan tersebut, Tim PRCPB Denma Rem 031/WB,Tim PRCPB kodim 0301/Pbr,Tim PRCPB kodim 0302/Inhu,Tim PRCPB kodim 0303/Bkls,Tim PRCPB kodim 0313/Kpr,Tim PRCPB kodim 0314/Inhil,Tim PRCPB kodim 0320/Dumai,Tim PRCPB 0321/Rohil,dan Tim PRCPB Yonif 132/BS.

Selain itu juga diikuti oleh DPKP Inhil,BPBD Inhil,Basarnas Inhil,Dinkes Inhil, Dinsos Inhil serta 11 perusahaan yang ada di Inhil.

loading...

Komentar