oleh

Gelar Bimtek Akreditasi Labkesda, Dinkes Harapkan Bisa Tingkatkan Mutu Pelayanan Sesuai Standar

Infoinhil.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) akreditasi laboratorium kesehatan daerah.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri, SKM MKI yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinkes Inhil Wanhar.

Bimtek yang dilaksanakan di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jalan M. Boya Tembilahan ini diagendakan berjalan selama dua hari, yakni Rabu 09 hingga 10 November 2022.

Kadinkes Inhil Rahmi Indrasuri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinkes Inhil Wanhar mengungkapkan bahwa, salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah pelayanan laboratorium kesehatan daerah.

Laboratorium kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada Kesehatan perorangan dan masyarakat.

“Oleh karna itu diperlukan laboratorium Kesehatan yang bermutu.
Akreditasi laboratorium kesehatan adalah suatu pengakuan formal oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada Laboratorium Kesehatan yang telah memenuhi standar yang ditentukan, sehingga mutu pelayanannya dapat dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Terkait hal di atas maka Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil mengadakan Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan yang sesuai standar dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.

“Dengan adanya Bimtek ini diharapkan karyawan dan karyawati Labkesda Kabupaten Inhil dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai akreditasi laboratorium, untuk itu agar semua peserta yang hadir dalam pembinaan ini dapat bekerjasama, berupaya dan ikut terlibat dalam proses pelaksanaan Akreditasi Labkesda, sehingga diharapkan akan memperoleh hasil yang maksimal,” tuturnya.

Terakhir katanya, karena status akreditasi yang diperoleh suatu laboratorium kesehatan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pelayanan yang aman serta pemasaran pelayanan laboratorium tersebut kepada masyarakat atau pengguna jasa laboratorium.

“Semoga peserta dapat berpartisipasi aktif dalam pertemuan ini sehingga dapat membawa hasil peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai standar yang ada,” pungkasnya.

loading...

Komentar