Ini Kesimpulan Rapat Pemkab Inhil Terkait Persoalan Banjir di Desa Kuala Sebatu

Infoinhil.com – Tembilahan,  Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir kembali melaksanakan rapat bersama dalam rangka mencari solusi ataupun formulasi dalam penangganan banjir yang terjadi di desa Kuala Sebatu, Minggu malam(16/10).

Rapat yang dipimpin oleh asisten II Sekretariat daerah kabupaten Indragiri hilir Drs.H.Mukhtar T ini turut juga dihadiri Asisten l H.Tantawi Jauhari, kepala OPD dan Badan dilingkup pemkab inhil, Perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera III provinsi Riau, kepala BPN Inhil, Camat Barang Tuaka, kepala desa Kuala Sebatu, Desa Sialang Panjang, kepala desa Pekan Kamis, Kapolsek / Danramil dan perwakilan perusahaan Setia Agrindo Mandiri (PT.SAGM).

Sehubungan dengan telah ditetapkannya status darurat siaga terhadap desa Kuala Sebatu dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten Indragiri hilir kembali melaksanakan rapat terbatas bersama pihak terkait untuk mencari formulasi apa saja tindakan yang akan dilakukan dalam penanggulangan banjir serta kondisi kehidupan dan kesehatan masyarakat desa Kuala Sebatu kecamatan Batang Tuaka.

Rapat terbatas tersebut menentu langkah yang diambil jangka pendek dan jangka panjang oleh pemerintah daerah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait lainnya.

Untuk Tim investigasi terkait penanganan masalah banjir didesa Kuala Sebatu sedang dalam berproses, tim sudah ada dan bahkan sudah bekerja namun secara legal belum disahkan.

Dari hasil rapat yang dilakukan terdapat beberapa langkah kedepan yang harus dilakukan yakni:

-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan mengambil langkah cepat dan segera membuat rencana aksi langkah apa saja yang diambil, dan pada pertemuan selanjutnya akan dilakukan pembagian tugas dari tim investigasi.

-Menyatakan bahwa Pihak perusahaan dalam hal ini PT SAGM menyatakan bersedia membantu penuh dalam penanggulangan banjir yang terjadi .

-Kepada Camat, Danramil, Kapolsek dan kepala desa untuk dapat menangani permasalahan sospol

– Renacana Jangka pendek, pemerintah akan mendistribusikan alat- alat berat yang akan dibawa kelokasi, baik dari BWSS dari  dinas Perkebunan dan pihak terkait lainnya.

-Untuk renacana jangka panjang, pemerintah kabupaten Indragiri Hilir memohon kepada pihak BWSS untuk memperhatikan penuh terhadap wilayah kuala sebatu dan sekitarnya, karna wilayah tersebut memiliki potensi pertanian yang sangat luas sebagai lumbung padi di provinsi Riau.

– Pemerintah juga akan mempersiapkan dinas kesehatan untuk bisa menangani masalah kesehatan masyarakat desa Kuala Sebatu dan sekitarnya.

-Kepada pihak BAZNAS, BPBD dan dinas sosial untuk bisa menangani permasalahan sosial yang ada di wilayah tersebut.

loading...

Komentar