oleh

Kodim 0314/lnhil Lakukan Pengecekan Langsung ke Lokasi Opla di Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasir Mas

Infoinhil.com – TEMBILAHAN, – Untuk meyakinkan kesiapan lahan yang akan di jadikan sasaran Optimasi Lahan (Opla), Komandan Kodim (Dandim) 0314/lnhil melakukan pengecekan dan peninjauan langsung ke lokasi lahan yang akan di jadikan sasaran Opla di Desa Kuala Sebatu, dan Desa Pasir Mas Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil, Rabu (03/08/2022).

Sebelum melaksanakan pengecekan ke lokasi, Dandim beserta rombongan terlebih dahulu bertandang ke Kantor Desa Kuala Sebatu untuk melakukan koordinasi serta memberikan sedikit penjelasan tentang tujuan di lakukannya Opla dan manfaatnya kepada perangkat desa dan kelompok tani yang ada di Desa Kuala Sebatu.

Pada kesempatan ini, Dandim 0314/lnhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr(Han) menjelaskan bahwa Opla yang akan dilaksanakan di Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasir Mas adalah pembuatan atau pembangunan saluran air (irigasi) lengkap dengan tanggul dan pintu airnya.

“Karena saat ini kita ketahui bahwa petani kita hanya bisa menggarap sawahnya satu kali dalam satu tahun dikarenakan terkendala oleh air,” jelas Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid.

Untuk itu dikatakan Dandim, perlunya lakukan Optimasi lahan dengan membuat saluran air (irigasi) dengan harapan nantinya masyarakat bisa melakukan penanaman padi 2 sampai 3 kali dalam 1 tahun sehingga mampu mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasir Mas.

“Begitu juga rencana pekerjaan dilapangan nantinya kita akan dahulukan yang dapat terjangkau oleh alat berat sehingga irigasi dan pengairan untuk pembuatan Pintu klep air dan jembatan akan lebih mudah,” ujar Dandim.

Oleh sebab itu Dandim berharap dukungan dari Kelompok tani dan masyarakat setempat tentunya sangat butuhkan dalam proses kesiapan dan pengerjaan Program Opla ini.

“Dan kami pun akan bekerja semaksimal mungkin dengan konsultan kami, bagaimana agar opla di Desa Sebatu dan Desa Pasir Mas ini dapat menjadi contoh bagi lahan lahan pertanian yang ada di kabupaten Indragiri Hilir,” cetus Dandim.

“Semoga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar dan aman hingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak khususnya Kelompok tani,” sambung Dandim.

Untuk diketahui dikarenakan lokasi yang sangat jauh dan sangat luas dengan situasi jalan yang rusak dan licin, akhirnya Dandim membagi rombongan menjadi 2 Tim.

Tim 1 yang terdiri dari Dandim Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, Pasi lntel Lettu lnf Delmy A, Pasi Ter Lettu lnf Rejekinta Ginting dan Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Arh Agus Purwanto beserta Babinsa Desa Kuala Sebatu dan kelompok Tani langsung bergerak ke lokasi sasaran Opla di Parit Panglima Hitam dan Parit 20 Desa Kuala Sebatu.

Sementara itu Tim 2 yang terdiri dari Pasi Ops Kapten lnf Tarmizi dan Danramil 03/Tempuling Kapten lnf Riswanto beserta Babinsa Desa Pasir Mas dan kelompok Tani melaksanakan peninjauan lokasi sasaran Opla di Desa Pasir Mas.

loading...

Komentar