oleh

Kodim 0314/Inhil Laksanakan Kegiatan Panen Raya Padi di Desa Sialang Panjang

Infoinhil.com – Inhil, Kodim 0314/Inhil melaksanakan kegiatan panen raya padi di lahan Demplot ketahanan pangan yang ditaja oleh kodim 0314/Inhil yang berada di desa Sialang Panjang, kecamatan Tembilahan Hulu. Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Sabtu (30/7/2022).

Kegiatan ketahanan pangan nasional yang digelar oleh kodim 0314/Inhil tersebut juga bersinergi dengan pihak kepala desa dan Polsek Tembilahan Hulu.

Upaya babinsa untuk menggerakkan masyarakat bercocok tanam padi sebagai bukti babinsa ikut serta memberi pendampingan di ketahanan pangan di Kabupaten Inhil.

Turut hadir dalam Panen raya bersama masyarakat Pasi Ter Kodim Lettu Inf Rejekinta Ginting Batuut Koramil 01/Tembilahan Pelda Indra mukri babinsa Sialang Panjang Sertu Masri,Kapolsek Tembilahan Hulu Iptu Ricky Marjuki
,Kepala desa Sialang panjang M Juber,Bhabinkantibmas,personil Babainsa Koramil 01/Tembilahan juga perangkat desa dan kelompok Tadi Daya Karya.

Dalam kesempatan ini Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han) yang di wakili Pasiter Lettu lnf Rejekinta Ginting, Kodim 0314/Inhil terus menggencarkan upaya untuk menjaga ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19 yang di programkan 1000 Hektar di jajaran Korem 031/Wira Bima.

Hal ini ditandai dengan panen padi di Desa Sialang Panjang yang masuk wilayah Koramil 1/Tembilahan selain Padi di wilayah Kodim 0314/Inhil juga dilaksanakan penanaman Jagung dan ubi yang tidak memiliki irigasi.

“Jenis padi yang di panen di tahun ini di desa Sialang Panjang Padi Karya ,padi Merah Putih Pandan wangi Ini bukti kesungguhan anggota Kodim 0314/Inhil dalam membangun ketahanan pangan nasional, ujar Pasiter kodim 0314/Inhil Lettu Inf Rejekinta Ginting.

Lettu Inf Rejekinta Ginting kegiatan panen ini merupakan program TNI AD yang di gagas Korem 031/Wira Bima seluas 1000 Ha di propinsi Riau bekerja sama dengan seluruh Gapoktan di Desa.

“Semoga Petani di Desa Sialang Panjang bisa meningkatkan produksi pertanian untuk tahun yang akan datang sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat dan saya juga berharap dukungan masyarakat begitu juga dinas pertanian terkait terhusus kelompok-kelompok tadi saling bekerja sama dan kompak sehingga kedepan bisa membantu program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan dan juga memberi dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Inhil,” ujar Pasiter.

Dijelaskan Pasiter, Kodim 0314/Inhil juga di tahun ini untuk meningkatkan ketahanan pangan di Inhil akan melaksanakan optimasi lahan (Opla) seluas 730 Ha di daerah Desa Kuala Sibatu dan Pasirmas wilayah Koramil 12 /Batang Tuaka upaya ini dilakukan untuk masyarakat petani di desa Sibatu dan desa Pasirmas untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan dapat menjadikan daerah Sibatu lumbung Padi di kabupaten Inhil adapun opla ini antara lain pembuatan Irigasi, Pintu klep Air serta tanggul.

Sementara itu Kepala Desa Sialang Panjang M Juber menyampaikan ucapan Trimakasih kepada seluruh yang hadir semoga untuk kedepannya kelompok.Tani Daya Karya ini lebih semangat dan dapat menjadi percontohan di kelompok tani yang akan daratang

“Dan kami juga memohon perhatian khusus dari pemerintah daerah agar kelompok tani kami ini dapat menaikan IP 100 menjadi IP 200 dan perlu bimbingan dan arahan dari pemerintah daerah,” tutupnya.

loading...

Komentar