oleh

Kapolres Inhil Beserta Unsur Forkopimda Hadiri Penanaman Benih Pohon di Sungai Bela

Infoinhil.com – INHIL, Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK beserta unsur Forkopimda hadiri kegiatan penanaman benih pohon di Sungai Bela, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (26/07/2022).

Adapun kegiatan ini merupakan Hari Mangrove Sedunia yang diselenggarakan oleh Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) bersama Ikatan Keluarga Duanu Riau (IKDR).

AKBP Norhayat menyampaikan tanaman mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup, diantarnya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai.

“Dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai,” jelasnya.

Setelah menanam mangrove bersama unsur Forkopimda Inhil, Kapolres menyambut baik dan berterima kasih atas giat pelaksanaan penanaman pohon mangrove ini.

“Semoga hal ini membawa kebaikan untuk warga sekitar pantai, apalagi bagi suku Duanu yang dikatakan Pak Bupati dan ketua IKDR tadi bahwa masyarakat Duanu sangat bergantung pada hutan mangrove yang ada saat ini,” ucap Kapolres Inhil.

Daripada itu, Kapolres juga mengapresiasi sebanyak 9 orang anak asli suku Duanu yang menjadi anggota Polri.

“Ya, Alhamdulillah anak Duano ada yang menjadi anggota Polri dan sekarang bertugas di satuan Polres Inhil, disebutkan pula ini pertama kali anak Duanu ada yang masuk anggota Polri, saya mengapresiasi itu, artinya masuk dan berkarir di kepolisian tidak memandang darimana asalnya, yang penting punya kecintaan terhadap NKRI dan mampu melaksanakan tugas yang diemban,” jelasnya.

Adapun anggota kepolisian dari Duano adalah:
Bripka Indra Laksamana Indra (Kanit Reskrim Polsek Kuindra)
Bripda Melisa Dewi Pertama
Bripda Andre Pratama
Bripda Muhammad Alfin
Bripda Celvin Juanda
Bripda Sarmila
Bripda Hermawita
Bripda Bayu Rama Saputra
Bripda Sindi Yulvira.

Tampak hadir dalam kegiatan penanaman mangrove tersebut Bupati Inhil Drs. HM Wardan, Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh. M. Nahruddin Roshid, S.E., M.Tr.(Han), Wakil Ketua DPRD Inhil Andi Rusli, kepala OPD terkait, Ketua IKDR Inhil Hasanuddin, unsur Forkopincam Kuindra, Koordinator Jikalahari Inhil Zainal Arifin, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan peringatan Hari Mangrove sedunia tahun 2022 tersebut mengusung tema “Duanu Peduli Mangrove”.

IKDR juga menyerahkan secara simbolis Buku Kumpulan Pantun Suku Duanu kepada Bupati Inhil.

loading...

Komentar