Berita

Capai Dana Puluhan Milyar, PUTR Inhil Kasih Solusi Bangun Jembatan di Atas Jembatan di Sungai Piring

×

Capai Dana Puluhan Milyar, PUTR Inhil Kasih Solusi Bangun Jembatan di Atas Jembatan di Sungai Piring

Sebarkan artikel ini

Infoinhil.com – Dinas Pembangunan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Kabid Bina Marga, Endang Syaihu mengatakan dana pembangunan untuk jembatan yang berada di Kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka mencapai puluhan milyar.

“Setelah tim kami dari swakelola jembatan turun ke lokasi melihat keadaan jembatan itu, diperkirakan menelan dana anggaran puluhan milyar untuk membangun jembatan lagi,” paparnya.

Endang mengaku tahun 2022 hingga tahun 2023 belum ada penganggaran untuk jembatan di Sungai Piring tersebut. Hal itu diperkuat dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun 2023 yang sudah tutup (close).

“Pemeliharaan rutin jembatan itu juga tidak akan efektif lagi karena rusaknya jembatan masuk dalam kategori sangat parah. Maka kami akan membangun jembatan kayu yang tebal sementara di atas jembatan itu dan diperkirakan membangun jembatan sementara itu sebesar 1 milyar,” ucap Endang.

Pembangunan jembatan sementara itu disebut PUTR Inhil akan dilakukan sebelum Idul Fitri 1443 hijriah nanti.

“Saya paham mobilitas masyarakat Idul Fitri nanti akan tinggi, saya juga dapat kabar berita tadi pagi ada mobil L300 yang tergelincir, makanya jembatan sementara dulu yang akan kami bangun,” ungkapnya.

Ia juga berjanji akan melaporkan hal ini kepada pihak Bappeda Inhil untuk memprioritaskan anggaran pembangunan jembatan Sungai Piring.

“Detail Engineering Detail (DED) atau perencanaan pembangunan jembatan Sungai Piring sudah ada kami buat, puluhan milyar lebih harus dianggarkan tentu dana yang besar sekali. Sekarang ini yang terpenting jembatan itu tidak putus menjelang lebaran ini,” paparnya.