oleh

DPAD Inhil Laksanakan Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis dan Statis

Infoinhil.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan sosialisasi pengelolaan arsip bagi aparatur di lingkungan kerjanya, Rabu 19 Januari 2022.

Sosialisasi yang digelar di aula kantor di Gedung Eks Multiyears, Jalan Swarna Bumi Tembilahan ini dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPAD Yusnaldi, sert diikuti seluruh Pejabat Eselon 3 dan 4, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Honorer.

banner 300x250

Plt Kepala DPAD Yusnaldi yang diwawancarai awak media usai kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur di lingkungan DPAD, khususnya yang berkaitan dengan kearsipan.

“Kita selaku pelaksana dan pengelola arsip daerah harus memahami tentang pengelolaan kearsipan sesuai peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan,” ujar Yusnaldi.

Oleh karenanya, ia meminta kepada semua aparatur di DPAD agar sama-sama memahami aturan-aturan yang dikeluarkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Peraturan Bupati yang telah diterbitkan pada tahun 2021 lalu.

“Target kita akan melakukan sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Inhil. Jadi, ini persiapan menjelang sosialisasi dan sinergi tentang pengelolaan Arsip Daerah,” terang Yusnaldi.

Sementara itu, Fungsional Pranata Humas Ahli Muda DPAD Ase dalam paparannya menyampaikan materi pengelolaan arsip, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan arsip dinamis dan statis.

Dijelaskannya, dalam pengelolaan arsip dinamis arahan berkaitan tentang 4 pilar tata pengelolaan arsip dinamis, yang terdiri dari penciptaan arsip dengan menggunakan tata naskah dinas, pemeliharaan arsip dengan menggunakan klasifikasi, penyusutan arsip dengan menggunakan Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan penggunaan arsip dengan menggunakan standar klasifikasi kearsipan akses arsip dinamis.

“Ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan,” katanya.

loading...

Komentar