oleh

Bupati Inhil Buka Bimtek LKS, LK3 serta PSM dan Kukuhkan Karang Taruna Priode 2020-2025

Infoinhil.com – Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Sosial (LK3) di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan, jalan Guru Hasan. Senin,  (08/11/2021). Siang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini  di ikuti  sebanyak 42 orang yang mewakili LKS/Lk3, 20 orang dari PSM, kegiatan ini juga disejalankan dengan pengukuhan pengurus karang Taruna kabupaten Indragiri Hilir masa bhakti 2020-2025, sebagaimana tertuang dalam keputusan Bupati Indragiri Hilir No 628 tahun 2020, tentang pengurus karang taruna Kabupaten Indragiri Hilir masa bhakti 2020-2025.

Bupati Indragiri Hilir Drs. HM. Wardan MP dalam kata sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir memberikan kesempatan yang  luas kepada individu, keluarga dan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif, mandiri dan berkelanjutan dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Baik melalui wadah lks, lk3, PSM,  karang taruna dan lain-lainnya.

“Oleh sebab itu, melalui bimtek dan pengukuhan pengurus karang taruna kabupaten Indragiri Hilir ini, saya mengharapkan agar saudara-saudara dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan pengabdian sosial serta terlibat secara aktif dalam pembangunan kesejahteraan sosial di daerah  Kabupaten Indragiri Hilir ini,” ucap Bupati Inhil 2 periode tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Bupati. Dan untuk para peserta agar dapat mengenali potensi diri pada lembaga yang  dibina dan bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya dan mampu menjabarkan berbagai program pemerintah yang berkenan dengan penanganan masalah kesejahteraan sosial di wilayah masing-masing.

Hal senada Bupati Inhil HM Wardan mengatakan ucapan selamat kepada karang Taruna yang baru saja di kukuhkan masa jabatan 2020- 2025.

“Alhamdulillah saya dapat secara langsung mengukuhkan karang taruna kabupaten Indragiri Hilir masa jabatan 2020-2025,” ungkap Bupati Inhil HM Wardan saat diwawancarai awak media.

Bupati juga berharap, tentunya tidak hanya sebagai simbol saja, tapi bagaimana ke depan itu memang betul-betul aktivitas kegiatan itu nampak dalam rangka membantu untuk kegiatan-kegiatan kesejahteraan sosial.

“Iya saya berharap kedepannya, karang Taruna di kabupaten Indragiri Hilir bukan hanya menjadi simbol saja, tapi memang betul-betul aktivitas kegiatan yang di programkan karang taruna nampak, terutama untuk kesehjatran sosial,” imbuhnya.

“Terutama bagi kalangan Pemuda insyaallah Pemerintah kab Indragiri Hilir siap untuk men-support melalui dinas sosial yang sebagai dinas yang memang dari Pembina fungsional karang taruna,” tambah Bupati.

HM Wardan juga mengungkapkan kepada karang taruna agar membuat program kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan yang menyentuh kepada kepentingan masyarakat banyak. Dalam rangka menyelesaikan atau mengatasi permasalah permasalahan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Pemerintah senantiasa siap memberikan support dukungan termasuk maslah anggaran tergantung bagaimana kita membuat kegiatan program apa  yang harus dilaksanakan,” tandasnya.

Semantara itu Ketua Karang Taruna provinsi Riau yang diwakili oleh Sekjen Karang Taruna provinsi Riau Rayani mengatakan, Karang taruna itu  organisasi sosial kepemudaan yang keberadaannya itu diatur oleh peraturan menteri Sosial peraturan menteri Sosial nomor 25 tahun 2019 dan dia merupakan bagian dari potensi sosial kesejahteraan masyarakat (psks) potensi kesejahteraan masyarakat yang berada di bawah Kemensos.

“Dan tentunya harapan kami teman-teman karang taruna yang ada di Inhil itu bisa membantu pemerintah melalui Dinas Sosial bagaimana persoalan sosial yang menyentuh kepada kepemudaan seperti pengangguran kemudian berkenaan dengan pemuda-pemuda yang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan karang taruna  hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberi support bagaimana itu dijadikan solusi dan jangan sampai karang taruna menjadi masalah di daerah.

“Karang Taruna harus Hadiri di tengah-tengah masyarakat dan membantu pemerintah dalam hal ini di bidang sosial, jagan sampai menjadi maslah di pemerintah, misalnya cuman bisa keritik, dan bukan itu fungsi Karang Taruna, fungsinya bisa memberikan masukan dan membantu pemerintah,” tutupnya.

Berkesempatan hadir di acara tersebut tampak Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Sekretaris Karang Taruna Provinsi Riau, Anggota DPRD Inhil H Alwi. Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Inhil, Kadis PMD, Kepala Bappeda, Kadis Pendidikan, Sekretaris Disdukcapil, Kabag Prokopim, Camat Tembilahan Hulu serta para undangan yang terkait.

loading...

Komentar