oleh

Banjir Setinggi Dada, Bhabinkamtibmas Polsek Kemuning Evakuasi Warga

Infoinhil.com – Bhabinkamtibmas Polsek Kemuning, Polres Indragiri Hilir (Inhil) mengevakuasi warga di Dusun Masad, Desa Keritang yang terkena banjir. Evakuasi dilakukan bersama Bhabinsa setempat.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi dan meluapnya air sungai, pada Senin dinihari (8/11/2021) sekitar pukul 01:00 wib. 

banner 300x250

Kapolsek Kemuning, Kompol Benhardi mengatakan hujan lebat mulai turun pada malam senin sekitar pukul 21:00 wib. 

“Kronologis banjir ini ketika hujan lebat terjadi sejak pukul 9 malam, karena Bhabinkamtibmas Keritang sudah paham jika hujan lebat pasti ada banjir lewat, maka saya perintahkan Bhabinkamtibmas untuk patroli ke lokasi yang rawan banjir bersama Bhabinsa setempat,” ujarnya. 

Saat patroli itulah, sekitar pukul 00.30 wib di Dusun Masad mereka melihat beberapa rumah sudah dimasuki air setinggi dada orang dewasa.

“Bhabinkamtibmas bersama babinsa dengan cepat menolong masyarakat untuk segera dievakuasi. Saya bersama anggota Polsek juga langsung turun untuk melakukan patroli hingga pagi hari. Paginya air sudah surut kembali,” tutur Kapolsek Kompol Benhardi. 

Penyebab lain banjir di permukiman warga Dusun Masad dikarenakan memang rata-rata kontur tanah dan rumah masyarakatnya lebih rendah dari jalan raya. 

“Rata-rata rumah warga rendah daripada jalan, bahkan ada yang sampai 5 meter dibawah jalan,” ungkapnya. 

Untuk tindak lanjut penanganan banjir di Dusun Masad, Kapolsek Kemuning telah bermusyawarah dengan unsur pimpinan kecamatan (upika) Kemuning.

“Pagi tadi kami sudah duduk bersama untuk mengevaluasi cara mengatasi banjir lewat ini, ke depan kami mencoba menormalisasikan sungai-sungai kecil sekitar permukiman warga itu,” kata Kapolsek Kemuning.

loading...

Komentar