oleh

Menumbuhkan Minat Berkreasi dan Berjiwa Seni, Peserta Didik SLTA di Inhil Belajar Membatik

Infoinhil.com – Bupati Inhil HM Wardan membuka Langsung pelatihan membatik bagi pelajar SLTA sederajat di kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dilaksanakan Dekranasda, bertempat di Aula Hotel Top 5, Jalan Baharuddin Yusuf, Kamis (7/10/2021) siang.

Dalam sambutannya Bupati Inhil HM Wardan mengatakan bahwa. Pelatihan membatik bagi pelajar SLTA sederajat sebagai peran dan fungsi Dekranasda kabupaten Indragiri Hilir dalam menumbuhkan minat siswa untuk berkreasi dan berjiwa seni untuk mengembangkan batik Indragiri Hilir sebagai produk unggulan Daerah serta melestarikan warisan budaya bangsa.

banner 720x90

“Saya selaku pimpinan daerah (Bupati Inhil) sangat apresiasi, terhadap pelatihan membatik yang dilakukan oleh Dekranasda kabupaten Indragiri Hilir kepada generasi muda ya itu para pelajar, ini memang harus kita lakukan sehingga minat generasi milenial tentang batik di kabupaten Indragiri Hilir semakin banyak,” ucap orang nomor satu di kabupaten Indragiri Hilir tersebut dalam sambutannya. 

Dikatakan Bupati Inhil HM Wardan, kerajinan warisan batik merupakan salah satu produk sekaligus budaya bangsa Indonesia yang bernilai tinggi. Namun demikian, untuk membuat batik yang indah dan berkualitas tentunya tidak mudah memerlukan ketrampilan khusus.

“Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang bernilai tinggi, tidak mudah membuatnya, kita harus perlu belajar tidak semudah itu apalagi kalau mau membuat batik yang berkualitas tinggi, harus ada keterampilan yang khusus,” ucap HM Wardan.

Dalam sambutannya Bupati Inhil HM Wardan mengucapkan terimakasih, kepada semua pihak terkait untuk memberikan pelatihan membatik bagi pelajar SLTA sederajat di kabupaten Indragiri Hilir.

“Semoga generasi muda di kabupaten Indragiri Hilir setelah menerima pelatihan membatik, bisa mengembangkan batik khas dari daerah kabupaten Indragiri Hilir,” cetusnya.

Senada itu ketua Dekranasda kabupaten Indragiri Hilir Hj Zulaikha Wardan mengatakan bahwa baru saja pada hari ini di buka Langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan pelatihan membatik bagi pelajar SLTA sederajat di kabupaten Indragiri Hilir.

Pada pelatihan membatik bagi pelajar SLTA sederajat 2021 tersebut dengan jumlah Peserta sebanyak 45 orang dari 3 sekolah yang ada di kebupaten Indragiri hilir.

“Iya ada dari SMA dan pondok pesantren Imtinan Putri sebanyak 15 pelajaran diutus untuk mendapatkan pelatihan membatik,” sebut ketua Dekranasda kabupaten Indragiri Hilir dalam Hj Zulaikha Wardan.

Lanjut Hj Zulaikha Wardan, dengan pelatihan membatik, tujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan batik khas dari daerah kabupaten Indragiri Hilir. Semoga dapat memberikan motivasi kepada pelajar dan membuat mereka bangga menggunakan batik khas Indragiri Hilir.

“Ya kalau bukan kita siapa lagi, untuk memberikan motivasi kepada adik-adik pelajar dalam hal ini memberikan pengetahuan tentang pembuatan batik, ” ucap wanita murah senyum dan Bersahaja tersebut.

Hj Zulaikha Wardan juga mengharapkan, kepada perwakilan peserta pelajar yang akan menerima pelatihan membatik tersebut kedepannya, bisa memperkenalkan dan mempromosikan batik di lingkungan sekolah dan di luar sekolah.

Ia juga mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut adalah merupakan pelatihan dasar membatik, dan selama 4 hari, dan semoga bisa menjadi pengerajin proposional.

“Iya kita lihat apabila ada yang lebih berminat untuk mengembangkan pelatihan membatik, kita berikan kesempatan untuk belajar di luar jam sekolah kita akan membina dan pelatihan ini tentunya juga gratis, sayang sekali kalau tidak bisa memanfaatkan pelatihan membatik ini,” ucapnya.

Kedepannya, dikatakan Ketua Dekranasda kabupaten Indragiri Hilir Hj Zulaikha Wardan, akan terus memperluas untuk memperkenalkan batik di di luar kabupaten Indragiri Hilir, 

Dengan dukungan bapak Bupati Inhil HM Wardan, untuk bisa mendukung batik khas Indragiri Hilir kedepannya, ia berharap ASN yang ada di Kabupaten Indragiri bisa mengunakan Batik khas Indragiri hilir.

“Ya kalau tidak gitu kapan lagi baju batik khas Indragiri Hilir bisa berkembang harus ada hari apa digunakan seluruh ASN di kabupaten Indragiri Hilir, tentunya juga ke seluruh sekolah di kabupaten Indragiri Hilir juga menggunakan batik kita sendiri, kita harus bangga dengan khas batik kita,” imbuhnya.

Terakhir Melalui pelatihan membatik bagi pelajar SLTA sederajat tersebut, Hj Zulaikha Wardan juga akan memberikan bahan baku untuk pembuatan batik kepada pelajar, sehingga bisa digunakan mereka.

“Ya kenang-kenangan untuk mereka jadi kita berikan bahannya, dan mereka sendiri juga yang membuat nantinya, dan juga mereka memilikinya,” tutupnya.

loading...

Komentar