oleh

Wisata Bukit Condong Selensen Indragiri Hilir

Infoinhil.com – Bukit Condong merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang terletak di Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. 

Kawasan ini berbatasan antara Provinsi Riau dan Jambi. Area Bukit Condong berada dikawasan penyangga  inti TNBT yang memiliki keanekaragaman hayati puluhan bukit dan pematang disekitarnya, Bukit Condong merupakan puncak tertinggi berada di ketinggian 450 MDPL (meter diatas permukaan laut)

banner 300x250

Bukit condong dikelilingi dengan pohon yang berusia ratusan tahun, selain menyimpan keanekaragaman hayati hutan hujan tropis dataran rendah, daerah ini merupakan habitat asli satwa liar dilindungi seperti tapir, siamang (ungko), burung kuau, simpai dan berbagai satwa lain. 

,

Tak jauh dari bukit condong sekitar 400 meter dari camping ground bukit condong terdapat air terjun selensen salak yang merupakan bagian dari aliran sungai Selensen Salak dengan mata air berasal dari bukit condong. 

Wisatawan akan dimanjakan keindahan pesona matahari terbit (sunrise) dengan ditemani selimut kabut seakan sedang berada Negeri diatas awan. Tak hanya sunrise, keindahan rona matahari terbenam (sunset) juga menawan.

Camping ground bukit condong sendiri bukan merupakan puncak tertinggi dari kawasan bukit condong, total ada sembilan tingkatan menuju puncak bukit condong dengan menawarkan keindahan tersendiri untuk tiap tingkatan ketinggian, seakan-akan menantang untuk didaki.

,

Dalam 2 tahun terakhir ini banyak wisatawan lokal dari berbagai daerah yang mengunjungi Bukit Condong untuk menikmati panorama alam yang disajikan. Bahkan mengaku ketagihan dengan suasana alamnya yang begitu mempesona dan memiliki daya tarik tersendiri.

Destinasi wisata bukit condong awalnya santer dibicarakan dari mulut ke mulut oleh wisatawan lokal yang pernah berkunjung ke bukit condong, sehingga masyarakat lainnya menjadi penasaran dan meluangkan waktu untuk berkunjung ke bukit condong.

Menjadi viral diberbagai media sosial setelah wisatawan mengupload hasil swa fotonya di bukit condong, dengan latar belakang penampakan hutan hujan tropis dan awan yang menyelimuti.

,

Salah satunya Rini Triningsih yang menjabat sebagai Kepala Kejaksaan negeri (Kejari) Inhil, mengaku mencari destinasi wisata saat diberi tugas di Inhil. Bukan tanpa alasan, Rini sebelumnya menjabat sebagai koordinator Kejaksaan Tinggi Bali, sedangkan Bali diketahui merupakan tempat destinasi wisata paling populer di Indonesia. 

“Awalnya cari-cari tempat pariwisata di Inhil untuk berakhir pekan yang mudah di akses, ya saya cobalah ke Bukit Condong,” kata Rini. 

Ia ‘speechless’ dengan pemandangan yang ada di Bukit Condong. 

“Pertama kali ke bukit condong belum ada fasilitas memadai seperti yang ada sekarang ini, pemandangannya asri, sejuk seperti berada di hutan, makanya ini adalah kesempatan saya untuk berkunjung ke sana selama berada di Indragiri Hilir. Pokoknya recommended lah, rugi sebagai warga Indragiri Hilir gak datang ke Bukit condong Selensen,” ujarnya.

,

Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dian Setyawan bahkan sudah beberapa kali mengunjungi Bukit Condong, Kapolres sendiri menuturkan tidak merasa bosan. 

“Jika mau refreshing Bukit condong menjadi pilihan utama saya, gak tahu kenapa gak bosan ke bukit condong melihat pemandangan indah dan menghirup udara segar, plong rasanya” ungkap Dian.

Sesekali Ia melakukan olahraga trabas dengan sepeda motor trail yang memang sudah menjadi hobinya. 

“Hebatnya disini ada jalur olahraga trabas nya. Bisa pilih jalur mau medium atau ekstrem sangat cocok bagi penghobi olahraga trabas yang menantang apalagi bersama teman-teman, gak kalah dengan jalur trabas di daerah lain,” katanya.

,

Saat ini, diketahui ada beberapa fasilitas yang dibangun oleh pengelola dari Kelompok Sadar Wisata Bukit Condong Selensen. Kelompok Sadar Wisata Bukit Condong sudah membangun fasilitas jalan akses masuk, penyediaan air bersih, toilet, pintu gerbang masuk, pondok singgah hingga mushala.

Wisatawan dapat menikmati fasilitas yang ada di bukit Condong dengan harga terjangkau tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Bagi pengunjung harian dikenakan biaya 5 ribu rupiah saja, mendaki dan bermalam di puncak bukit 25 ribu perorang, pihak pengelola akan melakukan pengawasan. 

Ada paket khususnya loh, untuk satu kelompok minimal 20 orang hanya 200 ribu perorang, tidak termasuk konsumsi, wisatawan akan menikmati fasilitas Camp dan keamanan, api unggun, pemandu wisata dan musik karaoke.

,

Demi menjaga lingkungan, wisatawan diharapkan dapat menjaga kebersihan bukit condong, seperti tagline yang tertulis di puncak bukit nomor 2: “Jangan tinggalkan sampah di Puncak Bukit selain jejakmu”.

Kepala Disparporabud (Dinas pariwisata) Inhil, Junaidi mengatakan Insya Allah akan memberikan dukungan pada tahun anggaran 2022 demi melengkapi fasilitas yang ada di Bukit condong. 

“Untuk tahun ini kami melakukan promosi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial, hasilnya luar biasa kunjungan selama 6 bulan terakhir berkisar sekitar 1.000 hingga 1.500 orang setiap bulan,” paparnya. 

,

Pengunjung selain dari Indragiri Hilir juga dari Inhu, Pelalawan, Pekanbaru bahkan dari Jambi. 

“Saya sangat yakin wisata Bukit condong akan menjadi destinasi wisata paling populer di Indragiri Hilir, karena mudah di akses transportasi darat, berada di Jalan Lintas Timur Sumatera,” sebutnya. 

Bukit condong sangat mudah di akses dari berbagai daerah sekitar. Dari Pekanbaru menuju Bukit Condong kurang lebih 9 jam perjalanan, dari Tembilahan 3 jam perjalanan dan dari Jambi kurang lebih 4 jam.

#AyokeBukitCondong
#InhilnanMolek

loading...

Komentar