oleh

Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0314/Inhil Lakukan Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Desa Teluk Bunian

Infoinhil.com – Indragiri Hilir, Selain penyuluhan dari Dinas Perkebunan, Satgas TMMD ke 111 juga lakukan penyuluhan Pemberdayaan ekonomi kreatif Pengolahan dan pemanfaatan sabut kelapa di halaman depan Posko TMMD ke 111 Kodim 0314/lnhil, Desa Teluk Bunian, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten lnhil, Jum’at (9/7/2021).

Dansatgas TMMD ke 111 Kodim 0314/lnhil Letkol lnf lmir Faishal melalui Serka Sugianto mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan tentang pemanfaatan sabut kelapa yang dianggap tidak berguna menjadi berdaya guna.

banner 720x90

“Kemarin sudah kita lakukan pelatihan cara menyerut sabut hingga menghasilkan serat dan cocopit. Hari ini kita lakukan pelatihan tentang pembuatan pot bunga yang semuanya berasal dari serutan sabut kelapa tersebut,” kata Serka Sugianto.

Pembuatan pot bunga ini sangatlah mudah, hanya menyiapkan ram kawat sebagai pelindung dan pembentuk pot sesuai dengan keinginan.

“Pot bunga dari serat sabut ini bisa kita buat berbagai macam bentuk dan ukuran dan ketahananyapun lumayan tahan lama,” ujarnya.

Ia berharap semua masyarakat dapat memperhatikan cara pembuatannya dan mempraktekan seluruhnya.

“Apabila kita sudah bisa dan mahir dalam pengolahan sabut kelapa ini, dan masyarakat menjalankannya, tentunya sabut kelapa di Desa ini tidak akan ada lagi yang dibakar atau dibuang sia sia,” paparnya

Selain mendapatkan hasil juga dapat mengurangi sampah di laut dan mengurangi resiko terjadinya bencana Karhutla.

Sementara itu Rusmin (40) yang merupakan warga setempat mengatakan, terimakasih kepada anggota Satgas TMMD ke 111 yang telah banyak memberikan ilmu dan wawasan untuk bekal kehidupan masyarakat kedepan.

“Ilmu ini sangat bermanfaat buat menumbuhkan ekonomi kita. Setidaknya dengan kita mengolah sabut kelapa menjadi barang yang berharga, kita juga telah mengurangi terjadinya bencana di laut maupun di darat,” tukasnya.

loading...

Komentar