oleh

Hari K3 Nasional 2021, Kantor Satuan Pelaksana Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Inhil Diresmikan

Infoinhil.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau melaksanakan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2021 di Tembilahan, Sabtu (03/04/2021).

Peringatan Hari K3 tersebut sekaligus persemian Kantor Satuan Pelaksana Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Indragiri Hilir yang beralamat di Jalan SKB, Sungai Beringin, Tembilahan.

banner 720x90

Hadir dalam kegiagan itu, Kapala Disnakertrans Provinsi Riau, Jonli, Bupati Inhil yang diwakili Kadisnakertrans, HM. Taher, Camat Tembilahan, Forum Komunikasi Perusahan Kabupaten Inhil, Ketua PWI Inhil, Ardiansyah Julor, Humas Sambu Group, Ahlim Ginting, Humas PT GIN, Iwan, beberapa perwakilan perusahaan dan sejumlah tamu undangan.

Kepala Satuan Pelaksana Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Inhil, Achmad Mulyadi, SKM, M.Si dalam laporannya menyampaikan bebrapa rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari K3 Nasional 2021.

“Beberapa rangkaian kegiatan telah kita laksanakan diantaranya penyebaran spanduk K3, penyebaran kalender K3, bakti sosial sunatan masal di Kecamatan Kempas dan hari ini secara resminya,” ujar Mulyadi dalam sambutannya.

Masih dalam rangka Peringatan Hari K3 Nasional, ditambahkan Mulyadi selain peresmian kantor, Satuan Pelaksana Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Inhil juga memberikan santuan kepada sejumlah anak yatim dilingkungan Jalan SKB Tembilahan.

“Pesan pak bupati jangan buat acara aja saja, tapi perhatikan juga lingkungan sekitar,” kata Mulyadi.

Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya yang diwakili oleh Kapala Disnakertrans Inhil, HM. Taher menyampaikan tentang pentingnya budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di semua sektor usaha.

“Tujuan K3 tidak hanya melindungi pekerja dari kecelakaan, tapi juga mengendalikan resiko. K3 dapat mendorong produktifitas kerja,” kata Taher.

Taher mengatakan di Kabupaten Inhil masih terdapat beberapa kecelakaan kerja. Mantan Kepala Dinas Kominfo PS itu berpesan agar menjadikan pengalaman sebagai pelajaran agar yang hal sama tidak lagi terjadi.

Sementara itu Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Jonli dalam sambutannya menyampaikan tiga hal yang menjadi faktor penting dalam penerapan K3 yaitu, Komitmen dan manajerial, keterlibatan pekerja buruh, dan tersedianya akses untuk memberikan kritikan dan saran.

“Kritik dan saran jangan dijadikan alergi, tapi jadikan untuk perbaikan K3 setiap tahunnya. Karyawan adalah aset perusahaan dan perusahaan adalah aset karyawan yang harus dijaga, kalo perusaannya bangkrut kan karyawannya juga yang terancam di PHK,” kata Jonli yang juga asli putra kelahiran Inhil.

Selain itu, Jonli juga mengapresiasi kinerja Mulyadi yang berhasil mendorong terbentuknya Forum Komunikasi Perusahan Kabupaten Inhil yang dikatakan Jonli satu-satunya di Provinsi Riau.

Terakhir Jonli berharap dengan diresmikannya Kantor Satuan Pelaksana Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Inhil bisa meningkatkan pengawasan dan mewujudkan Inhil sebagai Kabupaten yang nihil kecelakaan kerja.

loading...

Komentar