oleh

Bupati Apresiasi Capaian Yang Di Raih Disbun dalam Lakukan Peremajaan Kelapa dan Penanggulan Secara Mekanik

banner 720x90

Infoinhil.com – Guna meningkatkan sektor pertama penopang pertumbuhan dan perekonomian dibidang Perkebunan, Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Tahun 2020, melakukan pembangunan perkebunan kelapa yang bersifat masif dan komprehensif di Desa Sungai Gantang.

Kegiatan pembangunan yang dilakukan berupa peremajaan tanaman kelapa tersebut dilaksanakan dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Perkebunan dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indragiri Hilir tahun anggaran2020.


banner 970x250

Adapun sasaran penerima bantuan peremajaan tersebut adalah 8 Kelompok Tani yang ada di Desa Sungai Gantang, Kecamatan Kempas, dengan lahan seluas 500 hektar.

Pihak Pemerintah Desa Sungai Gantang, sangat menyambut baik terlaksananya peremajaan tanaman kelapa ini. Dikatakan Syaripudin selaku kepala Desa Sungai Gantang, pihaknya sangat senang dan bersyukur, karena mendapatkan bantuan bibit kelapa dan saprodi lainnya, ditambah lagi dengan tanggul mekanik.

Hal senada dikatakan Asnan, Kepala Dusun yang juga merupakan Ketua Kelompok penerima bantuan, menyatakan sangat senang dan berterima kasih kepada Pemerintah atas bantuan yang diberikan. Bantuan tersebut sangat membantu sekali bagi kami dalam berkebun kelapa.

Kepala Dinas Perkebunan, Drs H Sirajuddin, ketika ditemui diruangannya, menyatakan bahwa kegiatan peremajaan kelapa yang dibiayai melalui dana APBN didukung dengan pembangunan tanggul mekanik dari APBD Kabupaten. Menurutnya, keberhasilan budidaya tanaman kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir, sangat bergantung kepada infrastruktur yang ada di lahan perkebunan. Sementara, tanah di Kabupaten Indragiri Hilir, didominasi oleh jenis tanah gambut atau histosol dan secara geografis letak wilayahnya berada di pesisir. Sehingga, sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut yang bisa menimbulkan intrusi.

“Oleh karenanya, untuk mendukung kegiatan peremajaan kelapa di Desa Kempas itu, kita lakukan penanggulan secara mekanik. Volumenya mencapai 20.964 meter. Dan tentunya sangat bersyukur sekali, karena kita mendapatkan kucuran dana APBN dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2020,”tuturnya.

Ditambahkan H Sirajuddin, untuk mendapatkan dana APBN tersebut cukup sulit, karena banyak Kabupaten lain yang juga berjuang Untuk mendapatkannya.

“Alhamdulillah, kita berhasil menjawab kepercayaan Kementerian Pertanian, dengan berhasil menyelesaikan fisik pekerjaan sebesar 100 persen dan serapan anggaran keuangan mencapai 98. Administrasi BASTBANPEM kita juga sudah 100 persen, demikian pula dengan laporan e-monev dari Bappenas sudah 100 persen dari bulan Januari sampai Desember 2020. Dan yang membanggakan lagi, data monitoring Nilai Kinerja Satker Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir merupakan yang tertinggi dari Satker Tingkat Kabupaten Penerima dana TP, yakni mencapai 94,37 untuk Nilai Kinerja. Sementara Nilai Efisiensi mencapai angka paling maksimal, yakni + 20,”jelasnya.

Sementara itu, bupati Inhil Drs HM Wardan MP, sangat mengapresiasi capaian pelaksanaan kegiatan peremajaan kelapa dan pembangunan tanggul mekanik di Desa Sungai Gantang, Kecamatan Kempas tersebut. Menurutnya, sejak awal pihaknya sudah memberikan atensi khusus terhadap pelaksanaan kegiatan itu. Beberapa kali sudah, Kepala Dinas Perkebunan beserta Pelaksana Kegiatan dipanggilnya untuk menanyakan mengenai progres dan capaian kegiatan.

Bupati juga mengetahui mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan. “Oleh karenanya, saya memberikan penghargaan atas terlaksananya kegiatan peremajaan kelapa berupa pemberian bantuan bibit, pupuk dan herbisida yang bersumber dana TP APBN serta penyelesaian pembangunan tangul mekanik dari dana APBD Kabupaten Indragiri Hilir tahun anggaran 2020 lalu itu. Saya juga mendapatkan laporan bahwa, Satuan Kerja Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir mendapatkan Nilai Kerja dan Nilai Efisiensi tertinggi untuk tingkat Kabupaten penerima dana TP APBN. Ini tentu saja merupakan suatu hal yang membanggakan,”imbuhnya bupati yang dikenal agamis ini.

Bupati meyampaikan pesan agar bantuan yang telah diterima oleh Kelompok Tani di Desa Sungai Gantang, Kecamatan Kempas, bisa dimanfaatkan secara optimal. Dengan dimanfaatkan bantuan-bantuan itu, merupakan wujud syukur kepada Tuhan dan implementasi nyata dari ucapan terima kasih kepada Pemerintah.

“Apabila kegiatan peremajaan tanaman kelapa yang didukung dengan tanggul mekanik ini berhasil, tentu saja menjadi faktor pendukung keberhasilan Pemerintah dalam mempertahankan jati diri Kabupaten Indragiri Hilir sebagai Negeri Hamparan Kelapa Dunia,”tutupnya.

loading...

Komentar