oleh

Puluhan Jenis Ikan di Sungai Bela Akan Sulit Didapat Nelayan Suku Duano Akibat Banyaknya Kapal Trowls

banner 720x90

Infoinhil.com – Ternyata, Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) termasuk penghasil laut terbesar di Negeri Seribu Parit.

Siapa sangka, ada 20 jenis ikan, termasuk Kepiting, udang, kerang dan siput yang berhasil ditangkap nelayan tempatan disana. Bahkan, hasil laut nelayan sudah dikirim ke Tungkal, Provinsi Jambi.


banner 970x250

Tak kalah menarik, hasil tangkapan nelayan sebagian dikirim ke negara tetangga seperti Singapura. Selain itu, ekosistem lingkungan laut di Desa Sungai Bela masih tetap terjaga.

Disamping itu, proses penangkapan Nelayan yang biasa dikenal Suku Duanu ini menggunakan jaring dengan dibantu kapal perahu berukuran sedang. Mereka pergi melaut mulai pukul 06.00 Pagi dan pulang 17.00 Sore.

Kepala Desa Sungai Bela melalui Kasi Pelayanan Rima Melati mengatakan nelayan disini pergi melaut melihat kondisi air laut sedang surut. Kata Rima, kondisi air surut biasanya biota laut sangat mudah ditangkap nelayan.

“Selama ini lingkungan tetap kami jaga. Nelayan secara bertahap kami kasih pengertian agar tidak menangkap ikan menggunakan Beam Trawls, Otter Trawls, Pair Trawls, Nephrops Trawls dan Shrimp Trawls,” kata Risma, Jumat 12 Februari 2021.

Sementara itu, seorang nelayan Rusli (60 Tahun) menceritakan keluhan saat melakukan aktivitas nelayan. Pria yang biasa dipanggil Rusli ini sudah 12 tahun menjadi Nelayan. Dia turut mengeluhkan tidak adanya bantuan pemerintah dan juga saat ini banyaknya kapal Trowls pencari ikan menggunakan jaring pukat harimau.

“Selama ini tidak ada bantuan perahu untuk nelayan. Untuk modal saya melaut saja memerlukan ongkos Rp100 ribu, itu minyak perahu saja. Belum lagi rokok dan kebutuhan makan dan minum,” jelas Rusli kepada Wartawan di Desa Sungai Bela.

Rusli menambahkan, sehari itu paling banyak menangkap ikan 50 Kilogram. Paling sedikit 20 sampai 30 Kilo. Sebut dia lagi, untuk jenis ikan bermacam-macam ada ikan seluang, ikan sembilang dan ikan asin.

“Hasil tangkapan kami disini, kami jual ke tokeh. Sudah ada yang menampung hasil nelayan, ya kalau tidak ada uang atau ongkos kami bisa pinjam dulu ke bos (tokeh),” sebut Rusli.

Berikut jenis ikan dari Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri. (Dok. Pemdes Sungai Bela)

  1. Senangin
  2. Gerot
  3. Bawal
  4. Sembilang
  5. Perang
  6. Lome
  7. Beliak mata
  8. Gonseng (bulu ayam)
  9. Belanak
  10. Tamban
  11. Pari
  12. Malong
  13. Putih
  14. Seluang
  15. Selar
  16. Gulama
  17. Kitang
  18. Duri
  19. Belukang
  20. Parang

Jenis udang, Kepiting, Siput dan Kerang Sungai Bela

  1. Udang tenggek
  2. Udang gogo
  3. Udang Ketak/udang nenek
  4. Kepiting Bakau
  5. Kepiting Pasir
  6. Kepiting Renjong
  7. Siput Isap
  8. Siput bintang
  9. Kerang Lokan
  10. Kerang Senteng
loading...

Komentar