oleh

Bangunkan Pustaka Sekolah yang Tertidur, Yulizal Ingatkan Sekolah Tidak Gabungkan Pustaka dengan Ruangan Lain

Infoinhil.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Yulizal mengingatkan kepada seluruh sekolah agar tidak menggabungkan ruang pustaka dengan ruangan lainnya.

Hal itu disampaikannya usai berkunjung dan meninjau langsung kondisi ruang pustaka di dua sekolah di Jalan Jendral Sudirman Tembilahan, yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 dan SDN 003 Tembilahan Kota, Selasa 2 Februari 2021.

banner 300x250

Dikatakan Yulizal, di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Inhil masih banyak ditemukan adanya gedung atau bangunan pustaka yang disatukan dengan ruang Kepala Sekolah (Kepsek), Majelis Guru atau Tata Usaha (TU).

“Kondisi ini hendaknya menjadi perhatian pihak sekolah dan kami sarankan untuk dipindahkan atau dipisah,” ujarnya.

Apalagi, dijelaskan Yulizal, saat ini banyak perpustakaan sekolah yang dalam keadaan tertidur, sehingga harus segera dibangunkan dari tidurnya.

Setelah matanya terbuka, lanjut mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Inhil ini lagi, secara berangsur-angsur dibawa duduk dan berdiri hingga sampai bisa berjalan kembali.

“Kalau sudah bisa berjalan dengan baik dan mampu bekembang barulah kita lepas, karena tugas kita adalah memberikan pembinaan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SDN 001 Tembilahan Kota, Taslim mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan pembinaan yang dilakukan langsung oleh Kepala DPAD Inhil beserta jajaran.

“Kami sangat bersyukur dan mengharapkan adanya pembinaan seperti ini, karena selama ini kami berjalan dengan otodidak. Ke depan, mudah-mudahan kami bisa seiring dengan sekolah-sekolah lain dalam pengembangan pustaka,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala SDN 003 Tembilahan Kota, Suriamah mengaku bahwa setelah mendapatkan pembinaan dari DPAD Inhil, pihaknya bisa mengetahui berbagai kekurangan yang ada di pustaka sekolah, mulai dari ruangan, tata letak dan tempat membaca, serta buku-buku referensi yang menjadi bahan bacaan siswa.

“Ke depan, kami akan terus melakukan perubahan dan berbenah, dalam upaya memajukan pustaka sekolah dan meningkatkan minat baca siswa,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala DPAD Yulizal didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Perpustakaan, Nur Aini, para Kepala Seksi (Kasi) dan stafnya juga memberikan pembinan terkait arsip sekolah.

loading...

Komentar