oleh

Dinas Damkar Inhil Sambangi Kantor Bea Cukai Tembilahan Lakukan Inspeksi

banner 720x90

Infoinhil.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil menyambangi kantor Bea dan Cukai Tembilahan untuk melakukan inspeksi (pemeriksaan kesesuaian dan peruntukan), Kamis 12 November 2020.

Kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dampak kebakaran serta mewujudkan perlindungan terhadap aset pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam bentuk gedung pemerintahan, fasilitas umum, fasilitas penunjang perekonomian atau industri dan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


banner 970x250

Inspeksi sarana dan prasarana proteksi kebakaran dan penyelamatan juga ditujukan untuk melihat sejauh mana kantor Bea dan cukai sudah melakukan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan serta menyusun rencana kontijensi kedaruratan kebakaran dan penyelamatan di institusi Bea dan Cukai yang saat ini dipimpin oleh Ari wibowo.

Kadis Damkar dan penyelamatan, Ediwan Shasby merasa terharu saat berkunjung ke kantor Bea dan Cukai Tembilahan, dimana anggotanya dilayani sangat baik dan direspon sehingga waktu tidak terasa, begitu juga semua peserta semangat untuk mengikuti setiap materi yang disampaikan.

“Pelaksanaan inspeksi sarana prasarana proteksi dan penyelamatan merupakan kewenangan Pemerintah Daerah, sebagai bagian dari pelaksanaan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar sub urusan kebakaran,” demikian dikatakan kadis Damkar Inhil.

Eddiwan Shasby juga memaparkan kegiatan yang dilaksanakan terbagi atas 3 tim.

“Tim 1 ditugaskan untuk pemberi materi terkait upaya dini mencegah ancaman bahaya kebakaran dan cara penggunakan Alat Pemadam kebakaran (Apar) yang benar, Tim 2 melakukan inspeksi terhadap bangunan gedung dan lingkungan dan Tim 3 melakukan simulasi penggunaan Apar dan benda lainnya antara lain yang mampu memadamkan api, seperti karung goni,” jelasnya.

Ia juga berharap segala usaha dan upaya yang sudah dilakukan kantor bea dan cukai dapat bekerjasama dalam bentuk MOU sehingga upaya penanganan mulai pencegahan, penanganan kebakaran, penyelamatan atau evakuasi sampai dengan Investigasi berjalan lancar.

“Kantor Bea dan Cukai agar terus berkoordinasi dengan kami dalam hal Dinas Damkar dan penyelamatan. Selanjutnya secepatnya kami akan menyerahkan dokumen BAP ke kantor Bea dan Cukai Tembilahan,” harap Ediwan.

loading...

Komentar