oleh

37 anak disunat Dr. Rano Kirman Center, hari ini di kecamatan Enok

banner 720x90

Infoinhil.com – Bersempena memperingati hari sumpah pemuda 28 oktober 2020, Rumah Sunat Dhuafa dr. Rano Kirman center mengadakan sunatan gratis di kelurahan enok dalam, kecamatan enok , Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan tersebut bersinergi dengan Dandim 0314 Letkol Imir faishal, Kapolres inhil AKBP Dian setiawan, SIK, SH, M.hum, dan Paguyuban Pallapi arona ogi’e (PAO) serta Pemuda kreatif kecamatan enok.


banner 970x250

Dalam kesempatan ini tercatat 37 anak yg mengikuti sunatan, berasal dari beberapa kelurahan yakni pusaran, teluk medan & enok dalam.

“Awal terbentuk rumah sunat dhuafa ini, kita memulainya dengan menyisihkan penghasilan pribadi untuk menabung dilangit, untuk diri & keluarga, terutama saya hadiahkan untuk almarhum ayah saya Alkirman,” katanya.

Sementara, kenapa memilih sunat dikarenakan sunat adalah salah satu kewajiban bagi laki laki muslim, saat baligh atau menjelang baligh

Kemudian secara kesehatan sunat sangat di anjurkan, karena bisa mengurangi resiko penyakit seksual seperti HPV, herpes dan sifilis.

“Mengurangi resiko kanker penis dan infeksi penis lainnya dan sunat ini tidak ditanggung biayanya oleh pemerintah, walaupun memiliki kartu berobat apapun,” terang dr. Kirman.

Semua dilakukan karena keinginan untuk meringankan biaya warga kurang mampu yangg ingin menyunat anaknya.

Rumah sunat pertama

Rumah sunat gratis dhuafa yg kita dirikan ini adalah pelopor, pertama & satu satunya yang ada di Inhil. Alhamdulillah direspon sangat baik oleh semua kalangan,” sebutnya lagi.

Dirinya menegaskan, untuk setiap pelaksanaan kegiatan akan berusaha memberikan yang terbaik, mulai dari tenaga medis yg profesional, yang jasanya sesuai standar mereka.

Sehingga mereka mengerjakan dengan totalitas hingga obat obatan yang paten, untuk mempercepat proses penyembuhannya.

“Dalam pelaksanaan sunat ini kita menerima souvenir, cindera mata atau bingkisan dari siapapun dengan sangat terbuka, untuk anak anak yg disunat.

Tetapi kita tidak menerima uang, obat obatan ataupun biaya jasa, karena itu menggunakan penghasilan pribadi saya & istri, yang memang telah kita sisihkan untuk tabungan dilangit,” ujarnya.

Dia berharap, semoga rumah sunat gratis dhuafa ini berjalan lancer, rejeki kita semua selalu ada.

“Saya & istri ingin membentuk rumah sunat gratis dhuafa ini, di setiap kecamatan yang ada di Inhil. Supaya warga yang ingin menyunat anaknya tidak lagi harus ke Tembilahan.

Karena memang untuk saat ini, pusatnya hanya di Tembilahan, jln. Trimas seni no.3,” harapnya.

Untuk pelaksanaan ia merencanakan setiap bulan, terkadang sampai beberapa kali dalam satu bulan.

“Saya minta tolong kepada warga, tolong sampaikan informasi ini ke warga lainnya yg membutuhkan.

Sebagai ini menjadi tabungan kita di akhirat,” imbuhnya seraya mengucapkan amin.

loading...

Komentar