oleh

Keripik Bayam, Unisi Bantu Dongkrak UMKM Masyarakat Danau Pulai Indah

infoinhil.com – Kempas, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Islam Indragiri (Unisi) tahun 2022 melakukan inovasi pembuatan keripik bayam guna mendongkrak UMKM masyarakat di Desa Danau Pulai Indah, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir.

Inovasi pembuatan keripik dilakukan oleh Misriyadi yang merupakan mahasiswa Agribisnis Unisi dengan dibantu oleh Ketua Posko Ahmad Alfian Hadi bersama rekan KKN. 

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Bisnis UMKM di Indonesia sangat beragam seperti UMKM di bidang kuliner, fashion, kecantikan, dan lainnya. 

Di Desa Danau Pulai Indah sendiri, banyak pelaku UMKM yang memiliki produk tersendiri yang dijadikan bisnis usaha. Bisnis UMKM sangat membantu perekonomian keluarga. Yang paling dominan adalah UMKM di bidang kuliner.   

Oleh karena itu Mahasiswa KKN Tematik Unisi Desa Danau Pulai Indah membuat program Inovasi pembuatan keripik bayam, yang mana bahan baku bayam sendiri merupakan hasil dari pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Muda di Desa Danau Pulai Indah. 

Untuk diketahui, KWT adalah program pertanian dari Pemerintah Kabupaten yang dilimpahkan kepada Dinas Pertanian, Holtikultura, dan Peternakan Inhil. Dan, hanya dua Desa yang mendapat program KWT di Inhil, yakni Desa Danau Pulai Indah dan Kelurahan Sungai Beringin. 

Adapun hasil dari pertanian di KWT Tunas Muda sendiri meliputi Sawi, Cabe Rawit, Labu, Terong, Kacang Panjang, Pare, Gambas, Kangkung, dan Bayam yang menjadi komoditas utama pertanian di KWT. 

“Alat dan Bahan yang digunakan dalam pembuatan keripik bayam hasil dari KWT juga sangat mudah untuk ditemukan sehingga setiap orang bisa membuat keripik tanpa harus sulit mencari bahan yang dibutuhkan,” ungkap Ketua KKN DPI, Ahmad Alfian Hadi, Kamis (22/09/2022). 

Sementara itu, Kepala Desa Danau Pulai Indah, Andi Asnizar Aziri Eka Putra, S.IP mengatakan dengan hadirnya inovasi keripik bayam asli di Desa Danau Pulai Indah, ke depan, Desa melalui Bumdes akan melakukan sosialisasi dan promosi produk UMKM masyarakat desa, salah satunya keripik bayam buatan mahasiswa KKN Tematik Unisi 2022.

“Semoga dengan hadirnya produk keripik bayam buatan adik-adik mahasiswa ini, jika produksinya terus berlanjut, kedepan dapat menjadi produk asli asal Desa Danau Pulai Indah, dan juga tidak menutup kemungkinan akan menjadi PAD Desa Danau Pulai Indah,” sebut Kades Andi Asnizar saat perkenalan produk Keripik Bayam oleh mahasiswa di acara Perpisahan KKN Tematik Unisi 2022.

Dalam teori keilmuan teknik industri, Inovasi Pembuatan Keripik Bayam termasuk kedalam value added yang merupakan istilah yang diberikan untuk mendeskripsikan nilai ekonomi yang ditambahkan pada sebuah produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen yaitu memprosesnya menjadi output yang bernilai lebih tinggi. Seperti bayam yang diolah menjadi keripik maka semakin tinggi nilai ekonomi produk tersebut. Nantinya, keripik bayam ini bisa dijadikan produk lokal asli buatan Desa Danau Pulai Indah.***

loading...

Komentar