Milad IWO ke-10, Disdukpencapil dan PD IWO Inhil Laksanakan Training Pembuatan Adminduk

Infoinhil.com – Inhil, Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD-IWO) Kabupaten Indragiri Hilir bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil melaksanakan training pembuatan dokumen kependudukan secara virtual, Selasa (23/8/22).

Ketua panitia pelaksana Abdullah melalui Sekretaris panitia pelaksana M. Yusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa, pelaksanaan kegiatan training pembuatan dokumen kependudukan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan milad Iwo ke 10.

“Dalam kegiatan ini kami dari IWO Inhil memiliki tujuan ingin memperkenalkan ke masyarakat bahwa kemajuan teknologi begitu pesat dan pemerintah daerah Inhil melalui Disdukpencapil Inhil sudah melakukan inovasi yang luar biasa sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat Inhil,” sebutnya. 

Yusuf berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, peserta bisa memiliki pengalaman dan bisa mengoperasikan langsung aplikasi Dukcapil Inhil. 

Selanjutnya, kata Yusuf, pihaknya dari panitia pelaksana mengucapkan terimakasih kepada Disdukpencapil Inhil yang sudah bersedia menjadi partner di kegiatan ini. 

“Kami berdoa semoga Disdukpencapil terus maju dan berkembang di semua bidang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PD – IWO Inhil Muridi Susandi melalui Sekretaris PD – IWO Inhil Habibie menjelaskan bahwa, di era digital sekarang ini sangat pesat kemajuan teknologi. Dan pihaknya (PD-IWO red) sangat mendukung melalui terobosan-terobosan program yang telah dilaksanakan pemerintah.

“Kami selaku wartawan adalah menginformasikan kepada masyarakat bahwasanya Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir memanfaatkan teknologi untuk kemajuan, dan kemajuan ini sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat,” katanya.

Ada beberapa hal yang paling yang menguntungkan bagi masyarakat dengan kemajuan teknologi digitalisasi saat ini. 

“Pertama adalah memangkas waktu dalam kepengurusan dokumen kependudukan yang kedua memangkas anggaran yang digunakan masyarakat ketika ingin melakukan kependudukan yang dahulunya makan berjuta-juta sekarang cuma memakan paket data,” tukasnya.

Kendati demikian, kata Habibie tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mengurus dokumen kependudukan. karena, dua hal yang telah dipersiapkan sudah bisa dilakukan, yang pertama adalah mengurus secara langsung dan yang ke dua melalui smartphone pribadi.

“Jika beralasan tidak mempunyai smartphone pribadi maka silahkan mengurus di kantor desa masing-masing dalam hal ini mungkin fasilitas sudah mencukupi namun tekniknya yang belum belum diketahui oleh sebagian masyarakat untuk itu kami dari ikatan wartawan online tidak hanya sekedar memberitakan, tidak hanya sekedar menulis, tapi kami ingin langsung mempraktekkan dan ingin memberikan informasi itu secara langsung dari percakapan langsung itu dari wajah ke wajah, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan menjadi ilmu untuk kita semua dan bisa juga diindikasi kepada masyarakat lain,” tukasnya.

Selain itu, Kepala Disdukpencapil Inhil Mizwar Effendi melalui Sekertaris Disdukpencapil Inhil Nursal Sulaiman mengungkapkan bahwa, pihaknya dari Disdukpencapil Inhil sangat berterima kasih telah diajak dan diberi kesempatan untuk berpartisipasi memeriahkan ataupun ikut melaksanakan kegiatan-kegiatan bersepena dengan hari ulang tahun IWO ke-10.

“Kami merasa terhormat, kami Disdukpencapil Inhil memfasilitasi bagaimana masyarakat kita bisa untuk mengerti dan bisa untuk melaksanakan pengurusan dokumen kependudukan dengan simpel. Kenapa? karena kita sudah membuat fasilitas, menyediakan fasilitas yang menurut kita untuk saat ini sangat simpel sekali,” kata mantan Kabag Humas Setda Kabupaten Inhil ini.

Dalam hal ini, katanya simpelnya adalah kalau pada zaman dulu belum menggunakan teknologi, semua masyarakat yang memerlukan dokumen kependudukan harus datang langsung ke kantor Disdukpencapil Inhil.

“Tetapi mungkin juga ini hikmah dari covid 19 kita ambil sisi positifnya akibat adanya covid-19 kita disuruh berpikir disuruh untuk mencari solusi dan alhamdulillah Disdukpencapil Inhil dalam hal pengurusan kependudukan didapatkan sebuah solusi selain daripada perekaman KTP dan pembuatan Kartu Identitas Anak itu bisa dilakukan secara online, pengurusan secara online ini kita siapkan dalam bentuk sebuah ada di play store silakan didownload namanya Dukcapil Inhil di sana disiapkan semua fitur untuk pengurusan dokumen kependudukan dan ini sudah kita bahkan sudah dilaksanakan di setiap desa selama lebih kurang yang efektifnya 1 tahun setengah ini bahkan di setiap desa itu kita sudah membentuk petugas-petugas desanya yang diusulkan oleh masing-masing Kepala Desa,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Erwin Dimas, SE., DEA., MSi, Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Kementerian PPN Bappenas RI. Organisasi Masyarakat, Organisasi Siswa Intra Sekolah, Sekolah, Pemdes, Mahasiswa dan para undangan lainnya.

loading...

Komentar