Developed in conjunction with Joomla extensions.

Miliki Potensi Wisata, Bupati Minta Lomba Memancing di Sapat, Kuindra Dikembangkan

Wisata Inhil
Typography

KUINDRA (Infoinhil.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H Muhammad Wardan meminta dinas terkait melakukan pengembangan terhadap even tahunan perlombaan memancing di Desa Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri yang selalu digelar bertepatan dengan HUT ke-72 Republik Indonesia (RI). 

Pengembangan terhadap even tahunan yang digelar secara swadaya oleh masyarakat setempat tersebut dapat dilakukan melalui penjadwalan even oleh Pemkab Inhil dan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam tahap persiapan penyelenggaraan perlombaan. 

"Peran Pemerintah Kabupaten Inhil sangat perlu dalam penyelenggaraan yang telah banyak menarik minat masyarakat bahkan masyarakat di luar Kecamatan Kuindra ini. Andil Pemerintah dirasa sangat penting, mengingat even ini langsung bersentuhan dengan profesi mayoritas masyarakat di sini sebagai nelayan," ungkap Bupati, usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba memancing di Desa Sapat, Kecamatan Kuindra, Sabtu (20/8/17). 

Dengan adanya sinergitas antara masyarakat dengan pihak Pemerintah Kabupaten, Bupati Wardan optimis cepat atau lambat, even lomba memancing tersebut akan dapat bertransformasi menjadi destinasi wisata dan rekreasi tahunan lokal bagi masyarakat Kabupaten Inhil. 

"Dalam kerangka kerjasama itu nantinya diharapkan even menancing ini akan dapat menyedot pengunjung untuk berwisata dan berekreasi ke Desa Sapat ini setiap tahunnya. Jadi, butuh perhatian khusus, terutama dari dinas terkait sebagai leading sector untuk upaya mengembangkan even tersebut," ujar Bupati Wardan. 

Ketertarikan Bupati Wardan untuk mengembangkan even tahunan lokal masyarakat Desa Sapat ini, bukanlah tanpa alasan, Bupati melihat, dari Tahun ke tahun, jumlah peserta dan juga penonton tampak semakin meningkat. 

"Ini menandakan, terdapat keunikan di dalam even ini. Keikutsertaan masyarakat dalam even ini juga mungkin dilatarbelakangi oleh hobi mereka memancing. Terdapat potensi yang sangat besar dalam upaya pengembangan even ini kedepan," terang Bupati. 

Selain menghadirkan hiburan dan sebagai instrumen penyaluran hobi, Bupati Wardan menyebut, aktifitas memancing dalam even perlombaan ini juga mampu memberikan dampak positif terhadap lingkungan perairan sekitar karena hasil tangkapan diasumsikan akan dapat menciptakan keseimbangan ekosistem dengan cara menjaga populasi perairan di sekitar lokasi penyelenggaraan even. 

Permintaan Bupati Wardan ihwal pengembangan even lokal tahunan perlombaan memancing menjadi destinasi wisata dan rekreasi tersebut, tak ayal menimbulkan respons positif dari masyarakat setempat yang hadir berdiri berdampingan dengan Bupati kala itu. (adv/diskominfo/my).

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.