Hasnawi: Kembangkan Pantai Solop Butuh Keseriusan

Objek Wisata Inhil
Typography

Tembilahan - Diakui bahwa mengembangkan objek wisata alam Pantai Solop di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah bukanlah pekerjaan yang mudah, namun hal itu hendaknya tidak menyurutkan semangat dan tekad Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dalam merealisasikan rencana tersebut.

Apalagi, upaya pengembangan objek wisata alam ini telah dimulai beberapa tahun yang lalu, kini hanya dibutuhkan keseriusan dan komitmen yang besar, karena pekerjaannya seperti membangkit batang yang terendam.

Seperti yang diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Inhil, Hasmawi saat hearing bersama Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) serta pihak terkait lainnya, di ruang rapat Komisi IV Gedung DPRD, Jalan HR Soebrantas Tembilahan, belum lama ini.

Menurutnya, pengembangan objek wisata alam Pantai Solop tersebut telah dimulai beberapa tahun yang lalu, dimasa kepemimpinan HM Rusli Zainal di Negeri Seribu Parit.

"Hanya saja, upaya itu tidak dipertahankan dan dimaksimalkan. Makanya, sekarang kita sebut ibarat membangkit batang terendam," kata Hasmawi.

Namun dalam beberapa bulan terakhir ini, lanjut Hasmawi, upaya Pemkab Inhil melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam mengembangkan objek wisata alam Pantai Solop sudah luar biasa. Itu terbukti dari mulai ramainya pengunjung yang berdatangan ke pantai yang terbentuk dari pecahan kulit satwa laut tersebut, seperti kerang, siput dan lain-lain.

"Kalau melihat kondisi terkini di Pantai Solop, diharapkan adanya inovasi baru dan upaya terus-menerus yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengembangkan kepariwisataan di Inhil," terangnya.

Salah satu upaya tersebut, kata Hasmawi lagi, dapat dilakukan dengan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang, seperti yang layaknya terdapat dan bisa ditemui di tempat-tempat objek wisata alam yang ada di daerah lain.

"Yang juga tak kalah pentingnya adalah dengan memprioritaskan pengembangan 1 atau 2 tempat objek wisata saja terlebih dahulu sebagai pilot project, sehingga Pemda bisa lebih fokus," imbuhnya. (kpr/ali)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source:kapurnews

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

Daftar layanan berlangganan melalui email gratis kami untuk menerima pemberitahuan ketika informasi baru tersedia.