Developed in conjunction with Joomla extensions.

Kenakan Pakaian Jawa, Bupati Inhil Hadiri Grebeg Suro di Kecamatan Kempas

Kempas
Typography

KEMPAS (Infoinhil.com) - Bupati Inhil HM Wardan menghadiri peringatan Gema Muharram dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah di Kecamatan Kempas, Rabu (4/10/2017). 

Kegiatan Gema Muharram yang diadakan di halaman Kantor Lurah Kempas Jaya ini diisi dengan kegiatan Tabliq Akbar, Grebek Suro dan Kirab Budaya. 

Bupati Inhil H Muhammad Wardan memberikan apresiasi atas kegiatan budaya dalam menyambut Tahun Baru Islam yang tetap dilestarikan masyarakat Jawa di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas. 

"Kegiatan budaya seperti ini harus dilestarikan," sebut Wardan. Dalam kegiatan ini tampak beliau mengenakan pakaian adat Jawa. 

Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Indragiri Hilir (PAMAJI) Inhil RM Sudinoto menyebutkan, masyarakat Jawa di Kecamatan Kempas memiliki budaya warisan leluhur saat menyambut peringatan bulan Muharram. 

"Grebeg Suro ini merupakan tradisi rutin tiap tahun di Kecamatan Kempas dalam syukuran pada bulan Muharram," ujar Sudinoto. 

Kegiatan Grebeg Suro sempena Gema Muarram ini diisi dengan berbagai kegiatan seni dan budaya, diantaranya Tabligh Akbar, Maulid Habsyi, Shalawat Nariyah, Madihin dan Pawai Budaya. 

Tampak kegiatan ini dihadiri Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H Dahrius Husin, unsur Forkopimda dan pejabat Pemkab Inhil, serta tokoh dan masyarakat Jawa serta perwakilan etnis lainnya di Kecamatan Kempas. (adv/my).

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.