Developed in conjunction with Joomla extensions.

Bupati Inhil Pesankan Setiap Kades Bergerak Aktif Upayakan Pembangunan

Kateman
Typography

KATEMAN (Infoinhil.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan mengimbau kepada setiap Kepala Desa untuk bergerak aktif mengupayakan pelaksanaan pembangunan di masing - masing daerah. 

Pernyataan ini disampaikannya dalam pelantikan Kepala Desa Penjuru, Kepala Desa Sungai Simbar dan Kepala Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman, Selasa (5/13/2017) di halaman Kantor Desa Penjuru. 

Bupati meminta para Kepala Desa tersebut untuk terus bergerak aktif mencari peluang lain dana anggaran pembangunan. 

"Jangan hanya duduk - duduk di kantor. Pergi ke dinas, badan dan OPD lainnya untuk mencari peluang alokasi dana anggaran pembangunan," katanya. 

Diungkapkan, sumber pembiayaan pembangunan, tidak hanya berasal dari realisasi program Desa Maju Inhil Jaya sebagai program prioritas daerah. Namun, juga terdapat di seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil. 

Disamping pelayanan dan pemberdayaan, Bupati mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Inhil juga berfokus pada kegiatan - kegiatan pembangunan, terutama pembangunan kawasan perdesaan.

"Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Inhil berfokus pada pembangunan, meski dengan adanya keterbatasan anggaran kita akam tetap konsisten menjaga prioritas pembangunan melalui DMIJ. Untuk itu, diperlukan perjuangan yang keras dari kepala desa yang aktif dalam memperjuangkan dana tambahan kegiatan pembangunan bagi desanya," ujarnya. 

Setelah memperoleh anggaran pembiayaan pembangunan, baik yang berasal dari Alokasi Dana Desa Program DMIJ maupun dana tambahan lainnya dari OPD, Bupati berharap, pemberdayaan masyarakat dalam wujud keikutsertaan untuk menetapkan kegiatan pembangunan dapat dilakukan.

"Prinsip dasar dalam pembangunan pada program DMIJ itu adalah pemberdayaan masyarakat. Dimana, masyarakat harus turut serta dalam penetapan jenis kegiatan dan wujud kegiatan yang akan dilaksanakan," jelas Bupati. 

Partisipasi masyarakat sebagai wujud pemberdayaan, dijelaskan Bupati, dapat dilakukan melalui penyelenggaraan musyawarah, yakni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang dikenal dengan Musrenbangdes. "Setiap kegiatan harus dimusyawarahkan. Ikutsertakan seluruh komponen masyarakat, agar pembangunan yang merata dan berkeadilan dapat tercipta," tukas Bupati. 

Dalam prosesi pengambilan sumpah jabatan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pelantikan dan pengukuhan 3 Kepala Desa Kecamatan Kateman itu, turut hadir mendampingi Bupati Inhil, HM Wardan, Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Sosial, Kepala Bagian Umum serta Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil. 

Untuk diketahui, 3 Kepala Desa Kecamatan Kateman yang diambil sumpah jabatannya dalam pelantikan sekaligus pengukuhan ini, Kailani sebagai Kepala Desa Sungai Simbar, Abdul Rahmad sebagai Kepala Desa Penjuru dan Imam Taufik sebagai Kepala Desa Kuala Selat. (adv/my).

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.