Developed in conjunction with Joomla extensions.

Bupati Inhil Komit Tuntaskan Jalan Rantau Panjang - Tekulai

Ekonomi & Bisnis
Typography

TEMBILAHAN (Infoinhil.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan kembali menindaklanjuti komitmen penuntasan pembangunan infrastruktur jalan. Kali ini, giliran ruas jalan Rantau Panjang - Tekulai, Kecamatan Enok yang dibangun. 

Pembangunan berupa peningkatan jalan tersebut dilakukan setelah memperoleh permintaan dari masyarakat Desa Rantau Panjang yang merasa membutuhkan akses jalan lintas Rantau Panjang menuju Tekulai tersebut. 

Selama ini, ruas jalan dimaksud meski bisa dilewati namun sulit untuk ditempuh, sebab kondisi ruas jalan yang mengalami kerusakan parah. Selain itu, lebar jalan pun tidak memadai sebagaimana mestinya. 

Padahal ruas jalan rusak dan sempit itu, dapat mempersingkat jarak tempuh masyarakat untuk menuju Tekulai kemudian dilanjutkan ke ibukota Kabupaten Inhil, Tembilahan. 

Bupati mengatakan, peningkatan ruas jalan Rantau Panjang - Tekulai adalah wujud nyata atas komitmen pencapaian Visi 'Spirit Baru Indragiri Hilir menuju Kabupaten Maju, Bermarwah dan Bermartabat'. Menurutnya, Visi tersebut dapat dicapai salah satunya melalui pembangunan infrastruktur jalan, seperti yang sedang dilaksanakan di Desa Rantau Panjang. 

"Tentunya, peningkatan jalan dengan alokasi dana APBD pada tahun anggaran 2017 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Sebelumnya, akses menuju Rantau Panjang yang tergolong baik hanya melalui jalur sungai menggunakan pompong," kata Bupati, akhir pekan lalu. 

Oleh karenanya, dikatakan Bupati, dengan adanya, pembangunan berupa peningkatan jalan ini, masyarakat bisa memanfaatkan ruas jalan dimaksud tanpa harus mengeluarkan dana yang begitu besar untuk menyeberang. 

"Ruas Jalan itu merupakan urat nadi transportasi bagi masyarakat setempat. Dengan begitu, besar harapan kita agar masyarakat dapat menikmati pembangunan dengan biaya yang efisien untuk menuju desa tetangga maupun daerah lain," pungkas Bupati. 

Kedepan, Bupati mengharapkan adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga jalan yang telah dibangun. Karena, menurutnya, jarih payah dalam upaya mengalokasikan dana anggaran pembangunan bukanlah sesuatu yang mudah, karena masih banyak hal-hal lain yang perlu dibiayai dan semuanya juga untuk kebutuhan masyarakat. 

Masyarakar Desa Rantau Panjang, Kecamatan Enok, Muridi Susandi mengapresiasi komitmen pembangunan infrastruktur yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil, khususnya yang dilaksanakan di Desa Rantau Panjang dengan pembangunan ruas jalan Rantau Panjang - Tekulai. 

Menurutnya, pembangunan ruas jalan tersebut memang menjadi idaman masyarakat setempat sejak lama. Masyarakat merasa, biaya transportasi untuk mengakses Desa Rantau Panjang cukup besar. Belum lagi waktu yang dibutuhkan, padahal jaraknya sangat dekat. 

"Bertahun - tahun kami mengharapkan pembangunan jalan ini. Berkali - kali pula telah kami usulkan, namun pada saat diusulkan kepada Bapak Bupati tahun 2016 kemaren oleh Kepala Desa, Pak Wardan langsung merespon, mengingat ruas jalan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Tentunya, kami sangat berterima kasih," ucapnya. 

Secara pribadi, Sandi menyatakan, ruas jalan yang saat ini dibangun senantiasa akan dijaga dan dimanfaatkan sebaik - baiknya karena Dia mengetahui betapa sulitnya memperoleh alokasi dana pembangunan. (adv/my).

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.