Developed in conjunction with Joomla extensions.

Presiden Zimbabwe Mugabe Akhirnya Mundur

International
Typography
Harare - Robert Mugabe akhirnya mengundurkan diri sebagai Presiden Zimbabwe saat akan dimakzulkan anggota parlemen. Mugabe yang telah memerintah Zimbabwe selama nyaris 40 tahun itu resmi lengser hari ini.

Dilansir Reuters, Selasa (21/11/2017), pria berusia 93 tahun itu sempat bertahan selama satu pekan meski pihak militer telah mengambil alih kekuasaan di negara tersebut, dan parta ZANU-PF yang kini berkuasa di Zimbabwe telah mengajukan mosi pemakzulan Mugabe ke parlemen.


Mundurnya Mugabe itu diumumkan oleh Juru Bicara Parlemen Jacob Mudenda saat rapat parlemen berlangsung. Dengan demikian proses pemakzulan Mugabe pun ditangguhkan.

Seperti diketahui, Mugabe yang berumur 93 tahun telah memimpin negara tersebut sejak kemerdekaan dari penjajahan Inggris pada tahun 1980. Dia kini merupakan kepala negara tertua di dunia.

Sebelumnya, jajaran jenderal militer Zimbabwe membantah telah melakukan kudeta. Dalam pernyataannya, mereka menegaskan hanya mencari para penjahat yang merugikan perekonomian negara.

Mugabe sebelumnya juga telah memecat wapresnya Emmerson Mnangagwa yang santer disebut sebagai penerusnya dari partai Zannu-PF. Sehingga disinyalir, tujuan utama dari jenderal militer yang mengambil alih kekuasaan adalah mencegah istri Mugabe, Grace 'Guci' Mugabe (52), menjadi penggantinya.


(ams/fdn)

Sumber: detik.com
loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.