Developed in conjunction with Joomla extensions.

Penyelidik dan Penyidik KPK Dilaporkan, BPK Buka Suara

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Jakarta - 2 Penyidik dan 1 penyelidik KPK dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Kerap dikaitkan dengan pemberitaan laporan ini, BPK mengeluarkan klarifikasi resmi yang intinya tidak pernah terlibat, apalagi menjadi pihak pelapor.

Penjelasan ini tertuang dalam 4 poin sebagai respons pemberitaan di media massa pada Senin (30/10) dan hari ini (31/10). BPK menjelaskan, secara institusi ini tidak pernah melaporkan 3 penyidik KPK, seperti yang dimaksud dalam pemberitaaan.

BPK juga memberi penjelasan soal Arief Fadillah yang dalam pemberitaan disebut melaporkan 2 penyidik KPK bernama Arend Arthur Durna dan Edy Kurniawan. Arief Fadillah sendiri merupakan salah seorang saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan auditor BPK Rochmadi Saptogiri.

"BPK memiliki auditor bernama Arief Fadillah yang bertugas di Auditorat Keuangan Negara VI, dan pernah dipanggil KPK untuk dimintai keterangan. Namun, yang bersangkutan bukan Arief Fadillah yang diberitakan melaporkan penyidik KPK ke Polda Metro Jaya," terang Kabiro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK Yudi Ramdan Budiman lewat keterangan pers, Selasa (31/10/2017).

Sementara itu dari 3 penyidik/penyelidik KPK yang dilaporkan, hanya 1 yang merupakan pegawai BPK dan sedang dipekerjakan di KPK yaitu Ario Bilowo. Ario, dalam pemberitaan, disebut sebagai penyelidik KPK yang diperbantukan oleh BPK.

"Dari 3 penyidik (penyelidik) KPK yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya, hanya satu yang merupakan pegawai BPK dan sedang dipekerjakan di KPK yaitu Sdr Ario Bilowo," terang Yudi lagi.

Dalam poin keempat, Yudi menjelaskan laporan atas ketiga penyidik/penyelidik KPK bukan dibuat oleh pegawai BPK. Melainkan orang yang tidak terkait langsung secara institusi.

"Informasi yang kami terima, pelaporan ke Polda dilakukan oleh orang yang tidak terkait dengan BPK secara institusi," lanjut Yudi.

Diketahui, yang melaporkan penyelidik KPK Ario Bilowo ke Polda Metro Jaya adalah Ikham Aufar Zuhairi. Aufar adalah anak dari Rochmadi Saptogiri, mantan auditor BPK yang dijerat KPK.

Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari ketiga laporan tersebut diketahui sudah terbit. Terkait hal ini, untuk kasus Ario Bilowo, Polda sudah memeriksa 6 orang saksi walau belum menetapkan tersangka. Ario sendiri disebut sudah pernah dimintai keterangan.

"Belum (tersangka), tapi kasusnya sudah penyidikan. Ya nanti gelar perkara dulu," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/10) kemarin.
(nif/dkp)

Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.