Dianggap Membahayakan NKRI, Pemerintahan Jokowi Bubarkan Ormas HTI

Nasional
Typography

Jakarta - Dianggap membahayakan NKRI, Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan Pemerintahan Jokowi. Menkopolhukam Wiranto menggelar jumpa pers terkait pembubaran itu.

"Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional," kata Wiranto dalam konfrensi pers di kantornya, Jl Merdeka barat, Senin (8/5/2017)

Wiranto menyampaikan kegiatan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 sebagaimana diatur dalam undang-undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

"Aktivitas yang dilakukan telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Wiranto.

Mencermati berbagai pertimbangan diatas, serta aspirasi masyarakat, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI," ujarnya.

Wiranto juga menyatakan keputusan tersebut bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas Islam, melainkan menjaga keutuhan NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

HTI belum berkomentar mengenai pernyataan Wiranto ini. Jubir HTI Ismail Yusanto sebelumnya menyatakan ormas tersebut bergerak dalam dakwah Islam dan membantah HTI anti Pancasila. (tw/dtk)

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

Daftar layanan berlangganan melalui email gratis kami untuk menerima pemberitahuan ketika informasi baru tersedia.